Pengembangan Media Pembelajaran E-Modul Interaktif Pada Mata Kuliah Pemrograman Visual Dengan Metode Pengembangan ADDIE

Mawarni, Junia (2021) Pengembangan Media Pembelajaran E-Modul Interaktif Pada Mata Kuliah Pemrograman Visual Dengan Metode Pengembangan ADDIE. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_JUNIA_MAWARNI_17076039_5251_2021.pdf

Download (744kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari Pengembanagn Media Pembelajaran ini adalah untuk mengembangkan dan juga menghasilkan suatu produk yaitu berupa media pembelajaran E­Modul interaktif pada mata kuliah Pemrograman Visual Jurusan Teknik Elektronika pada Universitas Negeri Padang. Mata kuliah pemrograman visual merupakan mata kuliah wajib program studi Pendidikan Teknik Informatika pada semester 4. Mata kuliah ini berjumlah 2 SKS yang merupakan mata kuliah praktikum. Media pembelajaran yang dipakai pada mata kuliah Pemrograman Visual saat ini yaitu berupa modul dengan tipe file PDF, yang mana isi dari modul berupa text dan gambar. Software/prangkatlunak yang digunakan untuk mengembangkan media pembelajaran E­Modul ini yaitu software sigil. Software sigil merupakan software editor untuk EPUB yang bersifat open source. Jenis metode pengembangan yang digunakan dalam pengembangan media pembelajaran ini adalah metode pengembangan ADDIE yang memiliki lima tahap yaitu 1) Analisis, 2) Desain, 3) Pengembangan, 4) Implementasi, 5) Evaluasi. Untuk pengembangan media pembelajaran E­Modul interaktif ini Ada 3 tahap metode pengembangan ADDIE yang digunakan yaitu 1) Analisis, 2) desain, 3) pengembangan. Tahap analisis dibagi menjadi dua garis besar yaitu analisis kebutuhan dan analisis sistem multimedia. Tahap desain yang akan dilakukan adalah perancangan untuk produk awal yang akan dikembangkan yaitu perancangan struktur media, perancangan isi, dan perancangan interface. Tahap pengembangan nantinya menghasilkan sebuah produk E­Modul yang sudah terstruktur berdasarkan kompetensi yang berlaku. Produk Awai media pembelajaran ini kemudian diteruskan dengan melakukan pengujian atau validasi yang dilakukan oleh ahli materi dan juga ahli media. Dari penilaian yang diperoleh berupa saran dan juga komentar yang didapat setelah dilakukannya uji validasi maka dilakukan perbaikan terhadap media yang dikembangkan sehingga dari penelitian ini dihasilkan media pembelajaran E­Modul interaktif yang valid pada matakuliah Pemrograman Visual.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 30 Jun 2022 01:15
Last Modified: 30 Jun 2022 01:15
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38468

Actions (login required)

View Item View Item