Kontribusi Motivasi Belajar dan Fasilitas Belajar Pada masa Pandemi Covid-19 Terhadap Hasil Belajar Penerapan Rangkaian Elektronika Siswa Kelas XI Teknik Audio dan Video di SMK Cendana Padang Panjang

Vionita, Chintya (2021) Kontribusi Motivasi Belajar dan Fasilitas Belajar Pada masa Pandemi Covid-19 Terhadap Hasil Belajar Penerapan Rangkaian Elektronika Siswa Kelas XI Teknik Audio dan Video di SMK Cendana Padang Panjang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_CHINTYA_VIONITA_17065004_6075_2021.pdf

Download (659kB) | Preview

Abstract

Di penghujung tahun 2019, Dunia dihebohkan dengan sebuah virus bemama Covid 19. Penanganan wabah yang rumit membuat pemerintah menerapkan kebijakan bagi proses pendidikan yaitu belajar dari rumah. Pembelajaran daring serta luring berdampak pada minat belajar siswa kelas XI TAV yang mana sangat terlihat dari sedikitnya yang datang ke sekolah untuk pembelajaran luring, sedikitnya peserta didik yang mengumpulkan tugas serta peserta didik yang cenderung tidak ada respond dan tidak mengajukan pertanyaan saat ada hal yang tidak dimengerti. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kontribusi Motivasi Belajar dan Fasilitas Belajar Pada Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Hasil Belajar Penerapan Rangkaian Elektronika Siswa Kelas XI Teknik Audio dan Video SMK Cendana Padang Panjang. Populasi pada penelitian ini berjumlah 30 orang siswa. J enis penelitian ini deskriptif korelasional. Penelitian ini menggunakan total sampling karena, jumlah populasi kurang dari 100 orang siswa sehingga seluruh populasi dijadikan sebagai sampel. Data hasil belajar siswa diperoleh dari walikelas XI TA V SMK Cendana Padang Panjang. Sedangkan data motivasi belajar dan fasilitas belajar diperoleh melalui angket dengan menggunakan skala likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil analisis data menunjukan : (1) motivasi belajar dan fasilitas belajar secara bersama-sama memberikan kontribusi sebesar 14,97% terhadap hasil belajar siswa; (2) motivasi belajar memberikan kontribusi sebesar 9,4249% terhadap hasil belajar siswa; (3) fasilitas belajar memberikan kontribusi sebesar 2,89% terhadap hasil belajar siswa. Jadi dapat diseimpulkan bahwa motivasi belajar dan fasilitas belajar berkontribusi terhadap hasil belajar di SMK Cendana Padang Panjang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 30 Jun 2022 01:14
Last Modified: 30 Jun 2022 01:14
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38457

Actions (login required)

View Item View Item