Peningkatan Proses Pembelajaran Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu menggunakan Model Discovery Learning Kelas IV SDN 14 Pesisir Selatan.

Anggrainy, Mellany (2022) Peningkatan Proses Pembelajaran Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu menggunakan Model Discovery Learning Kelas IV SDN 14 Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_MELLANY_ANGGRAINY_17129356_557_2022.pdf

Download (192kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenyataan di lapangan yang menunjukkan bahwa proses pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu di kelas IV SDN 14 Pesisir Selatan belum terlaksana secara maksimal baik dilihat dari segi guru maupun dilihat dari segi peserta didiknya dalam proses pembelajaran di kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan penggunaan model Discovery Learning untuk meningkatkan proses pembelajaran tematik terpadu di kelas IV SDN 14 Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakkan kelas (PTK) yang dilaksanakan di SDN 14 Pesisir Selatan. Peneliti pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang dilaksankan dalam dua siklus. Masing- masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanan, pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru selaku praktisi, peneliti selaku observer dan teman sejawat dan peserta didik kelas IV SDN 14 Pesisir Selatan sebanyak 25 oarang, yang terdiri dari 15 peserta didik laki-laki dan 10 peserta didik perempuan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada siklus I ke siklus II. Hasil pengamatan RPP pada siklus 1 diperoleh nilai rata-rata 81,9 % (Baik), meningkat pada siklus II menjadi 91,7% (Sangat Baik). Pada hasil pengamatan pelaksanaan pembelajaran, nilai rata-rata untuk aspek guru pada siklus I adalah 79,7% (Cukup) meningkat menjadi 93,75% (Sangat Baik) pada siklus II. Pada hasil pengamatan peserta didik pada siklus I, nilai rata-rata 79,7% (Cukup) dan meningkat menjadi 93,75% (Sangat Baik) pada siklus II. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan proses pembelajaran tematik terpadu pada tema 8 di kelas IV SDN 14 Pesisir Selatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU, DISCOVERY LEARNING, PESERTA DIDIK
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 29 Jun 2022 02:12
Last Modified: 29 Jun 2022 02:12
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38454

Actions (login required)

View Item View Item