Sintesis dan Karakterisasi Katalis Karbon Biji Durian (Durio Zihethinus) Tersulfonasi untuk Produksi Biodiesel dari Palm Fatty Acid Distillate

Wulandari, Oktavia (2022) Sintesis dan Karakterisasi Katalis Karbon Biji Durian (Durio Zihethinus) Tersulfonasi untuk Produksi Biodiesel dari Palm Fatty Acid Distillate. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_08_OKTAVIA_WULANDARI_18036038_2383_2022.pdf

Download (463kB) | Preview

Abstract

Permintaan akan bahan bakar fosil yang bersifat tidak terbarukan semakin meningkat sehingga diperlukan sumber bahan bakar altematif seperti biodiesel. Biodiesel memiliki beberapa keunggulan seperti tidak beracun, dapat diuraikan, memiliki titik nyala yang tinggi, serta tidak menyebabkan polusi udara. Penelitian ini bertujuan untuk mengkarakterisasi sifat fisikokimia dan aktivitas katalitik dari karbon biji durian tersulfonasi pada pembuatan biodiesel. Katalis disintesis melalui proses kalsinasi dengan variasi suhu (250-400)°C kemudian dilanjutkan dengan sulfonasi menggunakan H2S04 selama 4 jam. Katalis yang dihasilkan dikarakterisasi menggunkan FTIR, XRD dan penentuan situs asam, kemudian diaplikasikan dalam pembuatan biodiesel. Karakterisasi menggunakan FTIR terdapat dua puncak kembar yang merupakan bentuk simetris dan asimetris dari O=S=O pada bilangan gelombang 1300-1000 cm". Hasil uji XRD karbon dan katalis biji durian menunjukkan adanya struktur amorf pada karbon setelah sulfonasi. Pada biodiesel yang dihasilkan dilakukan uji densitas, laju alir, bilangan asam dan persen konversi. Reaksi optimun pada penelitian ini terdapat pada katalis karbon biji durian dengan suhu kalsinasi 400°C.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 29 Jun 2022 02:12
Last Modified: 29 Jun 2022 02:12
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38445

Actions (login required)

View Item View Item