Perbandingan Kinerja Metode Average Linkage dan Ward dalam Pengelompokan Tingkat Kesejahteraan Masyarakat Provinsi Sumatera Barat Menurut Kabupaten /Kota Tahun 2021

Ramadani, Riska (2022) Perbandingan Kinerja Metode Average Linkage dan Ward dalam Pengelompokan Tingkat Kesejahteraan Masyarakat Provinsi Sumatera Barat Menurut Kabupaten /Kota Tahun 2021. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_10_RISKA_RAMADANI_18337061_1814_2022.pdf

Download (698kB) | Preview

Abstract

Kesejahteraan di Provinsi Sumatera Barat masih menjadi masalah penting yang sedang dihadapi oleh pemerintah dan juga seluruh masyarakat di Tahun 2021. Dampak pandemi Covid-19 yang terjadi pada awal tahun 2020 masih menyisakan persoalan pelik yang belum tuntas terselesaikan hingga tahun 2021. Pemerintah masih berupaya meningkatkan kinerja untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dari segala aspek kehidupan. Oleh karena itu, perlu dilakukan pengelompokan tingkat kesejahteraan masyarakat di Provinsi Sumatera Barat menurut Kabupaten/Kota Tahun 2021 dengan menggunakan metode Average Linkage dan Ward. Metode Average Linkage mengelompokan objek berdasarkan jarak terdekat menggunakan jarak Euclidean dan perhitungan jarak rata-rata. Sedangkan metode Ward mengelompokan objek berdasarkan nilai Sum of Squares Error (SSE). Penelitian ini merupakan penelitian terapan yang dimulai dengan mempelajari teori-teori relevan dengan permasalahan. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari website Badan Pusat Statistik (BPS) Sumatera Barat. Tujuan penelitian yaitu untuk mengelompokan Kabupaten/Kota berdasarkan faktor-faktor yang mempengaruhi kesejahteraan masyarakat di Provinsi Sumatera Barat. Hasil penelitian diperoleh bahwa dengan menggunakan metode Average Linkage dan Ward menunjukkan bahwa cluster yang terbentuk adalah sama. Terdiri dari 3 cluster yaitu cluster 1 dengan tingkat kesejahteraan rendah, cluster 2 dengan tingkat kesejahteraan sedang dan cluster 3 dengan tingkat kesejahteraan tinggi. Dari kedua metode tersebut, metode Average Linkage lebih baik dibandingkan dengan metode Ward dalam mengelompokkan tingkat kesejahteraan masyarakat Provinsi Sumatera Barat Menurut Kabupaten/Kota Tahun 2021 berdasarkan validitas cluster karena memiliki nilai Dunn Index yang besar yaitu 1,22 dan nilai Connectivity yang kecil yaitu 5,85.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistika - D3
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 29 Jun 2022 02:11
Last Modified: 29 Jun 2022 02:11
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38444

Actions (login required)

View Item View Item