Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar pada Era Covid-19 terhadap Pembelajaran PJOK di SMAN 1 Lintau Buo Kabupaten Tanah Datar Tahun 2020

Pitaloka, Putri Yusliana (2021) Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar pada Era Covid-19 terhadap Pembelajaran PJOK di SMAN 1 Lintau Buo Kabupaten Tanah Datar Tahun 2020. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_PUTRI_YUSLIANA_PITALOKA_17086062_1278_2021.pdf

Download (198kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tingkat pelaksanaan proses belajar mengajar di SMAN 1 Lintau Buo Kabupaten Tanah Datar yang mana pelaksanaan proses belajar mengajar pada sekolah terkait tidak berjalan dengan semestinya yang disebabkan oleh kurang menyesuaikannya Guru PJOK dalam pembelajaran daring. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan adalah metode survei berupa angket. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif yang dituangkan ke dalam bentuk persentase. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Lintau Buo, Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatera Barat. Subjek penelitian ini adalah seluruh Guru PJOK sebanyak 3 orang dan 81 siswa dengan rincian kelas 10 IPA terdapat 15 siswa, 10 IPS terdapat 15 siswa, kelas 11 IPA terdapat 14 siswa, kelas 11 IPS terdapat 14 siswa, kelas 12 IPA terdapat 11 siswa dan kelas 12 IPS terdapat 12 siswa. Data yang dikumpulkan ada 2, yaitu data non-tes dan data tes. Data non-tes didapat dari lembaran observasi, sedangkan data tes didapat dari hasil penyebaran angket kepada Guru PJOK dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan proses belajar mengajar pada Era Covid-19 terhadap pembelajaran PJOK di SMAN 1 Lintau Buo Kabupaten Tanah Datar tahun 2020 pada kategori tinggi di mana: 1) Perencanaan pembelajaran PJOK dengan sebagian besar pada kategori tinggi (66,7%) dan kategori rendah (33,3%); 2) Pelaksanaan pembelajaran PJOK dengan sebagian besar pada kategori tinggi (50,6%), pada kategori sangat tinggi (22,2%), pada kategori cukup (16,0%), pada kategori rendah (9,9%) dan pada kategori sangat rendah (1,2%); 3) Penilaian pembelajaran PJOK dengan sebagian besar pada kategori tinggi (38,3%), pada kategori sangat tinggi (37,0%), pada kategori cukup (16,0%), pada kategori rendah (6,2%) dan pada kategori sangat rendah (2,5%).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN DI ERA COVID
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine and Food > Sport General
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 29 Jun 2022 02:11
Last Modified: 29 Jun 2022 02:11
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38441

Actions (login required)

View Item View Item