Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V SD N 07 Binuang Kampung dalam Kota Padang.

Fatmawati, Lea Rosna (2022) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V SD N 07 Binuang Kampung dalam Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_LEA_ROSNA_FATMAWATI_17129048_2001_2022.pdf

Download (192kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan di lapangan yang menunjukkan bahwa kurangnya kemampuan peserta didik dalam berpikir kritis dan menguasai konsep pembelajaran sehingga peserta didik kurang aktif dan percaya diri dalam mengungkapkan pemikirannya. Dalam hal ini akan mengakibatkan hasil belajar peserta didik menjadi rendah. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan penggunaan model kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) untuk meningkatkan hasil belajar tematik terpadu di kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan peserta didik di kelas V yang berjumlah 13 orang pada semester Juli-Desember tahun ajaran 2021/2022. Sumber data penelitian adalah RPP, hasil pengamatan peserta didik dan guru serta hasil belajar peserta didik dengan teknik yang digunakan berupa observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar tematik terpadu dari siklus I ke siklus II. Hasil pengamatan RPP pada siklus I adalah 88,88% dengan kualifikasi baik dan meningkat pada siklus II menjadi 97,22% dengan kualifikasi sangat baik. Pada hasil pengamatan pelaksanaan pembelajaran, persentase untuk pengamatan aktivitas guru pada siklus I adalah 89,58% dengan kualifikasi baik meningkat pada siklus II menjadi 100% dengan kualifikasi sangat baik. Persentase hasil pengamatan aktivitas peserta didik pada siklus I adalah 89,58% dengan kualifikasi baik meningkat pada siklus II menjadi 100% dengan kualifikasi sangat baik. Hasil belajar tematik terpadu pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 79,06 lalu meningkat di siklus II menjadi 93,21. Dengan demikian, berdasarkan data penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) dapat meningkatkan hasil belajar tematik terpadu pada tema 3 di kelas V SD N 07 Binuang Kampung Dalam Kota Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR, PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU, MODEL KOOPERATIF TIPE
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 29 Jun 2022 02:10
Last Modified: 29 Jun 2022 02:10
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38434

Actions (login required)

View Item View Item