Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Creative Problem Solving (CPS) pada Pembelajaran Tematik Terpadu dikelas IV SD.

Faizah, Hazari Nur (2022) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Creative Problem Solving (CPS) pada Pembelajaran Tematik Terpadu dikelas IV SD. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_HAZARI_NUR_FAIZAH_17129335_63_2022.pdf

Download (192kB) | Preview

Abstract

Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) merupakan sarana pembelajaran yang dapat dipergunakan oleh tenaga pendidik dalam meningkatkan keterlibatan peserta didik dan aktivitas peserta didik dalam proses belajar mengajar, tujuan dilaksanakannya penelitian pengembangan ini yaitu untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Creative Problem Solving (CPS) siswa kelas IV Sekolah Dasar yang valid, praktis dan efektif hal ini juga didukung oleh sekolah yang telah menggunakan Kurikulum 2013 sehingga mempermudah proses pembelajaran dengan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang dikembangkan. Jenis penelitain yang dilakukan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D tahap I yaitu Define, tahap II yaitu Design, tahap III Develop, dan tahap IV yaitu Disseminate. Subjek Uji Coba pada penelitian ini sebanyak 32 peserta didik kelas IV di SDN 32 dan SDN 16 Payakumbuh. Hasil dari penelitian pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang dikembangkan diperoleh hasil validitas 91,03% berkategori valid. Angket respon peserta didik memperoleh nilai 93,74% berkategori sangat praktis. angket respon guru memperoleh Skor rata-rata 89,58% berkategori sangat praktis untuk efektif memperoleh rata rata 84,37% Berkategori tinggi. Berdasarkan hasil yang telah diperoleh dapat disimpulkan bahwa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) pembelajaran layak digunakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK, CREATIVE PROBLEM SOLVING, PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 29 Jun 2022 02:07
Last Modified: 29 Jun 2022 02:07
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38429

Actions (login required)

View Item View Item