Investigasi Sistem Pencegahan Kebakaran pada Gedung Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Agam (Berdasarkan Peraturan Menteri PUPR RI No. 11/PRT/M/2018)

Mahendra, Hary (2021) Investigasi Sistem Pencegahan Kebakaran pada Gedung Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Agam (Berdasarkan Peraturan Menteri PUPR RI No. 11/PRT/M/2018). Diploma thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_HARY_MAHENDRA_18062028_4959_2021.pdf

Download (578kB) | Preview

Abstract

Kebakaran merupakan kejadian timbulnya api yang tidak diinginkan atau api yang tidak pada tempatnya yang mengakibatkan kerugian berupa nyawa atau harta benda serta dapat terjadi dimana saja. Salah satu kebakaran yang paling fatal adalah yang terjadi di sektor industri karena hal ini mengganggu kelangsungan kegiatan operasional dan produksi. Pada gedung Pekerjaan Umum Kabupaten Agam lama pernah terjadi kebakaran pada tanggal 11 Desember 2017. Kebakaran ini menghanguskan arsip Dinas Pekerjaan Umum dari tahun 2014 hingga tahun­ tahun sebelumnya yang tidak satu pun yang dapat diselamatkan. Berdasarkan latar belakang tersebut penelitian bertujuan untuk memeriksa sistem keamanan kebakaran pada Gedung Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Agam dan untuk mengetahui persentase pemenuhan sistem pencegahan kebakaran pada gedung Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Agam. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengumpulkan informasi mengenai status suatu gejala yang ada, yaitu gejala yang ada pada saat penelitian dilakukan. Penelitian ini tidak bertujuan untuk menguji hipotesis tertentu, tetapi hanya menggambarkan "apa adanya" tentang sistem pencegahan kebakaran pada Gedung Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Agam. Penelitian ini menggunakan daftar cheklist dengan memberi tanda centang pada daftar pertanyaan yang disediakan. Hasi penelitian menunjukkan bahwa sistem proteksi kebakaran pada Gedung Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Agam memenuhi 59,7%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pertambangan - D3
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 28 Jun 2022 01:50
Last Modified: 28 Jun 2022 01:50
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38427

Actions (login required)

View Item View Item