Peningkatan Hasil Belajar pada Materi Penyajian Data dalam Bentuk Daftar, Tabel, dan Diagram dengan Model Problem Based Learning (PBL) di Kelas V SDN 01 Halaban.

Salsabila, Hanum (2022) Peningkatan Hasil Belajar pada Materi Penyajian Data dalam Bentuk Daftar, Tabel, dan Diagram dengan Model Problem Based Learning (PBL) di Kelas V SDN 01 Halaban. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_HANUM_SALSABILA_17129218_1566_2022.pdf

Download (193kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya masalah dalam pelaksanaan pembelajaran yang menyebabkan rendahnya hasil belajar peserta didik kelas V SD Negeri 01 Halaban Kabupaten 50 Kota. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar materi penyajian data dalam bentuk daftar, tabel dan diagram dengan model PBL di kelas V SDN 01 Halaban. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar materi penyajian data dalam bentuk daftar, tabel dan diagram dengan model Problem Based Learning di kelas V SDN 01 Halaban. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Subjek penelitian adalah guru dan peserta didik kelas V SDN 01 Halaban yang berjumlah 20 orang. Penelitian dilaksanakan dua siklus yang meliputi empat tahap prosedur penelitan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik dan instrumen penelitian adalah observasi,tes dan non tes. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada: a) RPP siklus I memperoleh rata-rata presentase 80,55% (B) meningkat pada siklus II menjadi 94,44% (A), b) Aktivitas guru siklus I memperoleh rata-rata persentase 82,10% (B) meningkat pada siklus II menjadi 92,85% (A), c) Aktivitas peserta didik siklus I memperoleh rata-rata persentase 80,35% (B) kemudian meningkat pada siklus II menjadi 92,85% (A), dan d) Hasil belajar peserta didik pada siklus I memperoleh rata-rata hasil belajar 72,5% dengan predikat C kemudian meningkat pada siklus II menjadi 86,8% dengan predikat B. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi penyajian data dalam bentuk daftar, tabel dan diagram.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR, PENYAJIAN DATA, MODEL PROBLEM BASED LEARNING
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 28 Jun 2022 01:50
Last Modified: 28 Jun 2022 01:50
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38426

Actions (login required)

View Item View Item