Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan Berpenyebut Berbeda di Kelas V Sekolah Dasar.

Ihsan, Fadhlul (2022) Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan Berpenyebut Berbeda di Kelas V Sekolah Dasar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_FADHLUL_IHSAN_14129137_2240_2022.pdf

Download (24kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar penjumlahan dan pengurangan pecahan berpenyebut berbeda siswa. Pembelajaran penjumlahan dan pengurangan pecahan belum dihubungkan dengan kehidupan sehari-hari, pembelajaran bersifat konvensional, serta pembelajaran didominasi oleh guru sehingga proses pembelajaran masih belum berjalan secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) terhadap hasil belajar siswa pada materi operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan berpenyebut berbeda di kelas V SD Gugus III Ampek Angkek. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dan desain Quasi Exsperiment, dengan bentuk Non nequivalent pretest-posttest control group design. Teknik sampel yang digunakan yaitu teknik sampling cluster random sampling, sedangkan populasi terdiri dari beberapa SD dalam gugus III Ampek Angkek, sehingga yang terpilih sebagai kelas eksperimen adalah kelas V SD Negeri 01 Koto Tuo dan kelas V SD Negeri 18 Sitapung sebagai kelas kontrol. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan teknik analisis data yang digunakan adalah uji statistik inferensial dengan uji- t. Berdasarkan hasil rata-rata Post-test kelas eksperimen yang menggunakan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia adalah 76,73 dan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional memiliki rata-rata hasil belajar Post-test adalah 58,05. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji-t (t-test), diperoleh hasil thitung 7,921 dan ttabel 2,080 dengan taraf signifikan 0,05. Sehingga thitung 7,921 > ttabel 2,080. Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok, dengan begitu terbukti bahwa pendekatan pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) berpengaruh positif terhadap hasil belajar penjumlahan dan pengurangan pecahan berpenyebut berbeda di kelas V SD Gugus III Ampek Angkek.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PENDIDIKAN MATEMATIKA, MATEMATIKA REALISTIK, HASIL BELAJAR
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 28 Jun 2022 01:50
Last Modified: 28 Jun 2022 01:50
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38425

Actions (login required)

View Item View Item