Tijauan Pengendalian Risiko Bekerja Diketinggian (wah) Pada Proyek Pembangunan Aviary dan Kandang Burung Lanjutan Taman Margasatwa Dan Budaya Kinantan Kota Bukittingi

Husna, Dita Qhisti (2021) Tijauan Pengendalian Risiko Bekerja Diketinggian (wah) Pada Proyek Pembangunan Aviary dan Kandang Burung Lanjutan Taman Margasatwa Dan Budaya Kinantan Kota Bukittingi. Diploma thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_DITA_QHISTI_HUSNA_18062018_5085_2021.pdf

Download (485kB) | Preview

Abstract

PT. Sumber Midya Karya sebagai pihak kontraktor masih kurang memperhatikan K3 dari para pekerja, pada proyek revitalisasi Taman Marga Satwa dan Budaya Kinantan kota Bukittinggi ada sebuah pekerjaan yang berada diketinggian yaitu pembangunan aviary dan kandang burung lanjutan. Pembangunan aviary atau kandang burung bebas ini mempunyai luas ±2300m2 dan untuk atapnya menggunakan struktur spaceframe dengan ketinggian 24m. Sedangkan untuk kandang burung lanjutan mempunyai luas yang berbeda-beda dan tinggi rangka atap ±7m. Pekerjaan yang berada diketinggian yaitu pemasangan atap dan pemasangan jaring untuk dinding. Pada saat proses pemasangan kawat untuk dinding, pekerja hanya sebagian yang memakai APD lengkap dan sebagian lagi tidak memakai APD. Banyak risiko yang mungkin terjadijika tidak memakai APD lengkap, sebagai contoh tergores kawat, jatuh dari ketinggian, dll. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metoda penelitian observasi, selama observasi berlangsung pihak kontraktor masih kurang baik dalam penerapan K3. Dilakukannya penelitian ini harapan dapat menambah kesadaran pihak kontraktor dan pekerja dilapangan dalam menggunakan alat pelindung diri (APD)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pertambangan - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 28 Jun 2022 01:50
Last Modified: 28 Jun 2022 01:50
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38424

Actions (login required)

View Item View Item