Peningkatkan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Model Discovery Learning di Kelas IV SDN 22 III Koto Tanah Datar.

Handika, Desri (2022) Peningkatkan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Model Discovery Learning di Kelas IV SDN 22 III Koto Tanah Datar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_DESRI_HANDIKA_1200688_1955_2022.pdf

Download (165kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini diawali dengan pengalaman ketika penulis mengajar, pada kenyataannya bahwa guru masih mendominasi dalam proses pembelajaran tematik dibandingkan peserta didik. Sehingga peserta peserta didik kurang aktif dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini secara umum proses pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan model Discovery Learning. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I terdiri dari 2 pertemuan, dan siklus II terdiri dari 1 pertemuan. Disetiap siklus tersebut meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik Kelas IV SDN 22 III Koto Tanah Datar dengan jumlah 17 orang peserta didik, 7 orang laki – laki dan 10 orang perempuan. Hasil penelitian: a) RPP siklus I dengan rata-rata 87,51% (baik) dan siklus II 96,87% (sangat baik), b) Pelaksanaan pada aspek guru siklus I dengan rata-rata 85,94% (baik) dan siklus II 93,75% (sangat baik), sedangkan pelaksanaan pada aspek peserta didik siklus I dengan rata-rata 84,38% (baik), dan siklus II 93,82% (sangat baik), c) Penilaian terhadap peserta didik dalam peningkatan hasil belajar pada siklus I diperoleh dengan rata-rata 84,95% dan siklus II dengan rata-rata 94,60%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan model Discovery Learning dapat meningkatkan proses pembelajaran tematik terpadu di Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU, MODEL DISCOVERY LEARNING, MODEL PEMBELAJARAN
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 28 Jun 2022 01:50
Last Modified: 28 Jun 2022 01:50
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38423

Actions (login required)

View Item View Item