Sistem Pembelajaran Flipped Classroom Berbasis lnkuiri Terbimbing Menggunakan Learning Management System Moodie pada Materi Hidrolisis Garam untuk Kelas XI SMA/MA

Sari, Mutia Ulan (2022) Sistem Pembelajaran Flipped Classroom Berbasis lnkuiri Terbimbing Menggunakan Learning Management System Moodie pada Materi Hidrolisis Garam untuk Kelas XI SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_MUTIA_ULAN_SARI_18035069_2310_2022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penyebaran virus Covid-19 di Indonesia mengakibatkan peralihan sistem pembelajaran dari yang awalnya tatap muka (face to face learning) menjadi pembelajaran daring (online) sesuai dengan Surat Keputusan Bersama Empat Menteri tahun 2021. Peralihan sistem pembelajaran ini mendukung perkembangan pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0 yang memanfaatkan teknologi dalam dunia pendidikan. Oleh karena itu, dilakukanlah penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan Sistem Pembelajaran Flipped Classroom Berbasis Inkuiri Terbimbing Menggunakan Learning Management System Moodie pada Materi Hidrolisis Garam dan menentukan tingkat validitas serta praktikalitas sistem pembelajaran yang dihasilkan. Metode penelitian yang dilakukan adalah penelitian Educational Design Research (EDR) dengan model pengembangan Plomp. Subjek dari penelitian ini adalah dosen kimia Universitas Negeri Padang, dosen teknik elektronika Universitas Negeri Padang, guru kimia SMAN 8 Padang, dan peserta didik kelas XII IPA di SMAN 8 Padang yang sudah mempelajari materi hidrolisis garam pada kelas XI. Data dari penelitian ini berupa nilai validitas dan praktikalitas sistem pembelajaran yang dikembangkan. Data yang diperoleh dianalisis dengan formula Aiken's V untuk validitas produk sedangkan untuk praktikalitas dengan metode persentase. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sistem pembelajaran yang dikembangkan sudah valid dengan nilai validitas dari ahli materi 0,88 dan dari ahli media 0,94. Persentase kepraktisan sistem pembelajaran yang dikembangkan 92% dari respon peserta didik dan 94% dari respon guru dengan kategori sangat praktis. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa sistem pembelajaran yang dikembangkan dapat digunakan sebagai salah satu altematif pembelajaran secara daring.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 28 Jun 2022 01:49
Last Modified: 28 Jun 2022 01:49
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38417

Actions (login required)

View Item View Item