Hubungan Kematangan Emosi dengan Penyesuaian Diri Siswa di SMAN 1 Kec. Suliki.

Sukma, Febriyana Media (2022) Hubungan Kematangan Emosi dengan Penyesuaian Diri Siswa di SMAN 1 Kec. Suliki. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_FEBRIYANA_MEDIA_SUKMA_17006134_1806_2022.pdf

Download (15kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya siswa yang memiliki permasalahan pada penyesuaian diri, yang mana siswa belum mampu menyesuaikan diri, terdapat siswa sulit beradaptasi dengan lingkungan baru, suka melanggar peraturan sekolah, kurang percaya diri dalam mengemukakan pendapat, sulit dalam mengikuti pembelajaran, dan masih ada siswa yang sulit bekerjasama dalam kelompok belajar. Penyesuaian diri dalam penelitian ini mengarah kepada kemampuan siswa untuk memiliki pengetahuan dalam mengelola dan mengekspresikan emosi dengan baik, mampu menjalin hubungan dengan sesama teman dan orang dewasa disekitarnya dan secara aktif bersosialisasi dengan lingkungan sekitar terutama lingkungan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan penyesuaian diri siswa di sekolah, (2) mendeskripsikan kematangan emosi siswa, (3) mengidentifikasi apakah terdapat hubungan yang signifikan antara kematangan emosi dengan penyesuaian diri siswa di sekolah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan korelasional. Populasi penelitian adalah sebanyak 922 orang siswa kelas X, XI dan XII SMAN 1 Kec. Suliki dan sampel sebanyak 279 orang siswa dengan menggunakan teknik proportional random sampling. Instrumen yang digunakan yaitu kuesioner kematangan emosi dan penyesuaian diri. Data dianalisis menggunakan teknik statistik deskriptif dan teknik Pearson Product Moment untuk mengetahui hubungan kematangan emosi dengan penyesuaian diri melalui program statistik SPSS for windows release 20.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kematangan emosi siswa pada umumnya berada pada kategori tinggi, (2) penyesuaian diri siswa pada umumnya berada pada kategori tinggi, (3) terdapat hubungan yang signifikan antara kematangan emosi dengan penyesuaian diri siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini, kematangan emosi menjadi alternatif yang perlu diperhatikan dalam membantu permasalahan-permasalahan dalam proses penyesuaian diri siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: EMOSI, PENYESUAIAN DIRI
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 28 Jun 2022 01:46
Last Modified: 28 Jun 2022 01:46
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38392

Actions (login required)

View Item View Item