Rasid, Abdul (2022) Hubungan Self-Efficacy dengan Kecemasan Siswa Berbicaradi Depan Umum. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
|
Text
A_5_ABDUL_RASID_15006031_152_2022.pdf Download (417kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi kemampuan siswa berbicara di depan umum memiliki peranan yang sangat penting. Namun pada kenyataannya masih banyak siswayangcemasketikaberbicaradidepanumumuntukmenyampaikanpendapat,mengajukanpertanyaandanjawaban,sertamenyampaikaninformasikepadaoranglain. Salah satu faktor yang mempengaruhi kecemasan berbicara di depan umumadalahselfefficacy.Penelitianinibertujuanadalahpertama,mendeskripsikankecemasan siswa berbicara di depan umum. Kedua, mendeskripsikan self-efficacysiswa. Ketiga, menguji hubungan self-efficacy dengan kecemasan siswa berbicaradi depanumum. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif korelasional menggunakanmetode kuantitatif. Populasi pada penelitian ini sebanyak 836 orang siswa yangberada pada kelas X dan XI di SMKN 9 Padang yang terdaftar pada semesterJanuari-Juni tahun ajaran 2020/2021. Jumlah sampel dalam penelitian sebanyak271 orang siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik Stratified Random Sampling. Instrumen penelitian ini adalah daftarisian“ Kecemasan Siswa Berbicara di Depan Umum dan Self-Efficacy Siswa” dengan realibilitas 0,956 (KecemasanSiswa Berbicara di Depan Umum) dan 0,908 (Self-Efficacy Siswa). Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif dan analisis korelasional,pengujian menggunakan rumus korelasional Pearson Product Moment. Temuan penelitian ini mengungkapkan bahwa pertama, kecemasan siswaberbicara di depan umum berada pada kategori rendah. Kedua, self-efficacy siswaberada pada kategori tinggi. Ketiga, terdapat hubungan negatif yang signifikanantara self-efficacy dengan kecemasan siswa berbicara di depan umum dengankorelasisebesar -0,252 dan taraf signifikansi 0,000.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | SELF-EFFICACY, PSIKOLOGI SISWA |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1 |
Depositing User: | Mutia Farida |
Date Deposited: | 24 Jun 2022 02:34 |
Last Modified: | 24 Jun 2022 02:34 |
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38391 |
Actions (login required)
View Item |