Hubungan Antara Ketegasan Pembina dengan Kedisiplinan Siswa Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka di SMA Pertiwi 1 Padang.

Gusman, Wildatul Aulia (2022) Hubungan Antara Ketegasan Pembina dengan Kedisiplinan Siswa Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka di SMA Pertiwi 1 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_4_WILDATUL_AULIA_GUSMAN_17005102_602_2022.pdf

Download (13kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kedisiplinan siswa mengikuti kegiatan ekstrakurikuler pramuka di SMA Pertiwi 1 Padang yang diduga ada hubungannya dengan ketegasan pembina. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menggambarkan ketegasan pembina dalam kegiatan ekstrakurikuler pramuka, 2) menggambarkan kedisiplinan siswa mengikuti kegiatan ekstrakurikuler pramuka, 3) mengetahui hubungan antara ketegasan pembina dengan kedisiplinan siswa mengikuti kegiatan ekstrakurikuler pramuka di SMA Pertiwi 1 Padang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI yang berjumlah 261 siswa. Sedangkan sampel diambil menggunakan teknik cluster random sampling, dimana sebanyak 30% dari jumlah populasi dijadikan sebagai sampel, sehingga sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 80 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan rumus presentase dan rumus product moment. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: a) ketegasan pembina dalam kegiatan ekstrakurikuler pramuka tergolong masih lemah, b) kedisiplinan siswa mengikuti kegiatan ekstrakurikuler pramuka masih tergolong rendah, dan c) terdapat hubungan yang signifikan antara ketegasan pembina dan kedisiplinan siswa mengikuti kegiatan ekstrakurikuler pramuka di SMA Pertiwi 1 Padang, yang dibuktikan dengan hasil analisis menggunakan rumus product moment. Hasil analisis menunjukkan bahwa rhitung lebih besar dari rtabel , dengan taraf kepercayaan 5% pada N = 80.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: KEDISIPLINAN, EKSTRAKURIKULER, PRAMUKA
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 24 Jun 2022 02:34
Last Modified: 24 Jun 2022 02:34
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38369

Actions (login required)

View Item View Item