Penerapan Sumber Belajar Buku Saku Berbasis Mind Mapping Untuk Meningkatkan Pembelajaran Korespondensi Kelas X SMK Negeri 4 Sarolangun

Endrina, Widya (2022) Penerapan Sumber Belajar Buku Saku Berbasis Mind Mapping Untuk Meningkatkan Pembelajaran Korespondensi Kelas X SMK Negeri 4 Sarolangun. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_WIDYA_ENDRINA_16053035_1534_2022.pdf

Download (225kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan buku saku korespondensi berbasis mind mapping materi surar-menyurat di SMK Negeri 4 Sarolangun. Pada penelitian ini menggunakan metode Research dan Development atau R&D. Sumber data pada penelitian ini adalah validator ahli materi, ahli bahasa dan ahli media. Objek penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 4 Sarolangun dengan jumlah sampel 30 siswa. Data yang digunakan adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif adalah data yang didapatkan dari angket yang telah diisi oleh validator. Data kualitatif adalah data yang diperoleh dari hasil kritik, saran, tanggapan maupun masukan dari validator dan peserta didik. Prosedur pada penelitian ini menggunakan model ADDIE yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluasi. Teknik pengumpulan data adalah dengan menggunakan kuesioner atau angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil validasi dari ahli materi dengan skor rata-rata 4,54 dengan kategori sangat valid. Hasil validasi ahli bahasa dengan skor rata-rata 4,54 dengan kategori sangat valid. Hasil validasi ahli media 4,33 dengan kategori sangat validasi. Dan hasil penilaian siswa terhadap buku saku dengan skor rata-rata 4,52 dengan kategori sangat layak

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 24 Jun 2022 02:33
Last Modified: 24 Jun 2022 02:33
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38337

Actions (login required)

View Item View Item