Pengaruh Penerapan Model Pe mbelajaran Koope ratif Tipe Team Assited Individualization(TAI_) Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 1 Padang Ganting Kabupaten Tanah Datar

Amri, Ilham Wahyudi (2022) Pengaruh Penerapan Model Pe mbelajaran Koope ratif Tipe Team Assited Individualization(TAI_) Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 1 Padang Ganting Kabupaten Tanah Datar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_Ilham_wahyudi_amri_17029094_1755_2022.pdf

Download (673kB) | Preview

Abstract

Pemahaman konsep matematika merupakan pondasi awal pembelajaran matematika. Dengan memahami konsep matematika peserta didik memiliki bekal dasar yang baik untuk mencapai kemampuan dasar yang lain seperti penalaran, komunikasi, koneksi, sampai pemecahan masalah. Kenyataannya, pemahaman konsep matematis peserta didik SMP Negeri 1 Padang Ganting masih rendah.Solusi dari permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization(T AI). Tujuan penelitian ini yaitu untuk untuk mendeskripsikan pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TAidengan pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran langsung. Jenis penelitian adalah quasi-eksperiment dan deskriptif dengan rancangan penelitian Static Group Design. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas 7 SMP Negeri 1 Padang Ganting tahun pelajaran 2021/2022. Sampel penelitian adalah kelas VII.A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.B sebagai kelas kontrol Instrumen pada penelitian ini yaitu tes pemahaman konsep matematis. Data perkembangan pemahaman konsep matematis dideskripsikan melalui basil kuis selama penelitian, sedangkan tes akhir dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan analisis basil kuis, diperoleh perkembangan pemahaman konsep matematis cenderung meningkatselama diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe TAI. Pada analisis tes akhir diperoleh P-value = 0,046 kurang dari a = 0,05, artinya pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TAI lebih baik daripada pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran langsung

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 24 Jun 2022 02:33
Last Modified: 24 Jun 2022 02:33
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38335

Actions (login required)

View Item View Item