Pengembangan Desain Pembelajaran Berbasis Realistic Mtahematics Education untuk Meningkatkan Kemampuan Argumentasi dan Justifikasi Siswa pada Topik Bangun Datar di Kelas VII SMP

Rada, Gusti (2022) Pengembangan Desain Pembelajaran Berbasis Realistic Mtahematics Education untuk Meningkatkan Kemampuan Argumentasi dan Justifikasi Siswa pada Topik Bangun Datar di Kelas VII SMP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_GUSTI_RADA_19205015_1260_2022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kemampuan argumentasi dan justifikasi merupakan kemampuan yang penting tetapi masih tergolong rendah. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru, peserta didik yang mampu berargumen dan memberikan justifikasi hanya 12%. Salah satu penyebabnya adalah guru belum terbiasa merancang pertanyaan-pertanyaan yang menggali kemampuan argumentasi dan justifikasi peserta didik. Jikalau ada pertanyaan yang diajukan guru, hanya berupa pertanyaan yang membutuhkan j awaban singkat atau pertanyaan yang bersifat mengulang, sehingga kurang melatih kemampuan berpikir peserta didik. Oleh karena itu, perlu dirancang suatu desain pembelajaran berbasis Realistic Mathematics Education untuk meningkatkan kemampuan argumentasi dan justifikasi yang dituangkan dalam bentuk Buku Guru dan Buku Siswa. Penelitian ini dikategorikan design research dengan menggunakan gabungan dua jenis design research yaitu model Plomp dan Gravemeijer & Cobb. Design Research Gravemeijer & Cobb digunakan untuk mengembangkan disain pembelajaran berbasis RME, sedangkan design research Plomp digunakan untuk mengembangkan Buku Guru dan Buku Siswa. Secara umum, prosedur penelitian menggunakan fase pengembangan Plomp yang terdiri dari preliminary investigation, prototyping stage, dan assesment phase, dengan mengintegrasikan fase-fase design research Gravemeijer & Cobb ke dalam fase preliminary dan prototyping stage. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 10 Kota Tebing Tinggi. Pengumpulan data menggunakan instrumen: lembar observasi, lembar wawancara, angket dan catatan lapangan serta soal tes akhir. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan teknik deskriptif, yaitu mendeskripsikan validitas, praktikalitas dan efektifitas disain pembelajaran melalui buku guru dan buku siswa berbasis RME. Penelitian ini menghasilkan desain pembelajaran berbasis RME yang valid, dengan hasil validasi HLT 3 .41, buku guru 3 .44 dan buku siswa 3 .48 dengan karakteristik masalah kontekstual, tujuan pembelajaran dan aktivitas untuk mencapai tujuan sudah mengarahkan peserta didik kepada matematisasi vertikal, bahasa yang digunakan komunikatif dan dapat dimengerti peserta didik. Selain itu, desain yang dihasilkan juga memenuhi kriteria praktis dengan tingkat kepraktisan one to one dan small group evaluation adalah 82.53% dan 88.19%, sedangkan rata-rata kepraktisan buku guru adalah 86.67%, dengan karakteristik: mudah digunakan dalam alokasi waktu yang tersedia, memiliki daya tarik, dan mudah dipahami peserta didik sehingga terbantu dalam memahami dan menyelesaikan permasalahan pada topik bangun datar. Desain pembelajaran berbasis RME juga efektif dengan hasil tes 88,89% peserta didik berada di atas KKM, dengan rata-rata masing-masing indikator yaitu single argumentation 91.67, multiple argumentation 79 .17 dan compound argumentation 73 .61.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S2
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 24 Jun 2022 02:33
Last Modified: 24 Jun 2022 02:33
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38334

Actions (login required)

View Item View Item