Hubungan Antara Perhatian Orang Tua dengan Perkembangan Karakter Tanggung jawab Belajar Anak Usia 7-8 Tahun di RW 12 Kelurahan Pasie Nan Tigo.

Deni, Thania Diyelsa Aveta (2022) Hubungan Antara Perhatian Orang Tua dengan Perkembangan Karakter Tanggung jawab Belajar Anak Usia 7-8 Tahun di RW 12 Kelurahan Pasie Nan Tigo. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_4_THANIA_DIYELSA_AVETA_DENI_17005193_571_2022.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya perkembangan karakter tanggungjawab belajar anak usia 7-8 tahun selama masa pandemi di RW 12 Kelurahan Pasie Nan Tigo. Diduga disebabkan salah satunya karena rendahnya perhatian orang tua pada anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk: menggambarkan perhatian orang tua pada anak usia dini, menggambarkan perkembangan karakter tanggungjawab belajar anak usia 7-8 tahun, melihat hubungan antara perhatian orangtua dengan perkembangan karakter tanggungjawab belajar anak usia 7-8 tahun selama masa pandemi di RW 12 Kelurahan Pasie Nan Tigo. Pendekatanpenelitiankuantitatif jeniskorelasional. Populasi dalam penelitian ini ialah keseluruhan orang tua dari anak usia dini di RW 12 Kelurahan Pasie Nan Tigo. Pengambilan sampel menggunakan sampel random sampling. Teknik pengumpulan data mengunakan angket atau kuesioner. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan rumus korelasi Range Order. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perhatian orang tua pada anak usia dini dikategorikan rendah, perkembangan karakter tanggungjawab belajar anak usia 7-8 tahun selama masa pandemi dikategorikan rendah, dan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara perhatian orangtua dengan perkembangan karakter tanggungjawab belajar anak usia 7-8 tahun selama masa pandemi di RW 12 Kelurahan Pasie Nan Tigo. Saran penelitian yaitu diharapkan kepada orang tua agar dapat meningkatkan perhatiannya kepada anaknya, hal ini dikarenakan perhatian yang maksimal diberikan oleh orangtua akan mampu menjadikan anak tumbuh dan berkembang dengan optimal sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku di masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: ORANG TUA, KARAKTER TANGGUNGJAWAB, PENDIDIKAN KELUARGA
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 24 Jun 2022 02:32
Last Modified: 24 Jun 2022 02:32
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38330

Actions (login required)

View Item View Item