Hubungan Antara Pengalaman Belajar dengan Partisipasi Belajar di Lembaga Kursus Bahasa Jepang Natsuka Gakkou Kota Padang

Hermanda, Sisry (2022) Hubungan Antara Pengalaman Belajar dengan Partisipasi Belajar di Lembaga Kursus Bahasa Jepang Natsuka Gakkou Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_4_SISRY_HERMANDA_17005190_946_2022.pdf

Download (88kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya partisipasi belajar peserta didik di Lembaga Kursus Bahasa Jepang Natsuka Gakkou Kota Padang diakibatkan oleh pengalaman belajar yang rendah. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) menggambarkan pengalaman belajar peserta didik di Lembaga Kursus Bahasa Jepang Natsuka Gakkou Kota Padang. (2) menggambarkan partisipasi belajar peserta didik di Lembaga Kursus Bahasa Jepang Natsuka Gakkou Kota Padang. (3) menggambarkan hubungan antara pengalaman belajar dengan partisipasi belajar peserta didik di Lembaga Kursus Bahasa Jepang Natsuka Gakkou Kota Padang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional yang bertujuan meneliti korelasi antara variabel bebas dan terikat. Populasi dalam penelitian ini ada sebanyak 28 orang peserta didik. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan stratified random sampling. Adapun sampel dalam penelitian ini sebanyak 21 orang peserta didik atau sampel dalam penelitian ini sebanyak 75%. teknik dalam pengumpulan data dengan menggunakan peryataan tertulis (angket) dan alat pengumpulan data berupa daftar pernyataan. Teknik analisis data menggunakan rumus persentase ddan pengolahan data menggunakan rumus Sperman Rho. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) pengalaman belajar peserta didik di Lembaga Kursus Bahasa Jepang Natsuka Gakkou Kota Padang ini di kategorikan rendah. (2) partisipasi belajar di Lembaga Kursus Bahasa Jepang Natsuka Gakkou Kota Padang ini di kategorikan rendah. (3) terdapat hubungan yang signifikan antara pengalaman belajar dengan partisipasi belajar di Lembaga Kursus Bahasa Jepang Natsuka Gakkou Kota Padang. Diharapkan kepada peneliti selanjutnya untuk dapat meneliti variabel baru sehingga dapat memperlengkap variabel dalam penelitian yang sudah ada.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: BELAJAR, KURSUS PELATIHAN, BAHASA JEPANG
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 23 Jun 2022 07:16
Last Modified: 23 Jun 2022 07:16
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38329

Actions (login required)

View Item View Item