Penggunaan Video Tutorial Untuk Mendukung Pembelajaran AutoCAD Daring Di Masa Pandemi Virus Corona

Zain, Widya Azhamul Fadhilah (2021) Penggunaan Video Tutorial Untuk Mendukung Pembelajaran AutoCAD Daring Di Masa Pandemi Virus Corona. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_WIDYA_AZHAMUL_FADHILAH_ZAIN_16061095_2907_2021.pdf

Download (545kB) | Preview

Abstract

Virus yang bernama COVID-19 ( Coronavirus Diseases-19) adalah penyakit jenis baru yang mengharuskan masyarakat untuk tetap stay at home, bekerja, beribadah dan belajar di rumah. Kondisi demikian menuntut proses pembelajaran pada mata kuliah Aplikasi CAD secara online atau daring dan menyulitkan mahasiswa untuk memahami materi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendukung pembelajaran AutoCAD secara daring. Jenis penelitian ini yaitu penelitian dan pengembangan (Research and Development) atau R&D. Penelitian pengenbangan ini menggunakan tahapan- tahapan Ariesto Hadi Sutopo (2003:32). Yang terdiri dari 6 tahapan yaitu : concept (konsep), design (Desain), material collecting (pengumpulan bahan), assembly (penggabungan), testing (pengujian), distribution (distribusi). Instrumen yang digunakan berupa angket penilaian media pembelajaran untuk ahli materi, ahli media, dan mahasiswa. Berdasarkan penilaian produk terhadap media pembelajaran video tutorial pada mata kuliah Aplikasi CAD oleh ahli materi 1 memperoleh skor rata-rata 95% sedangkan penilaian oleh ahli materi 2 memperoleh skor rata-rata 95% pada indikator materi, penjelasan, kebergunaan, keruntutan, dan motivasi. Ahli media memperoleh skor rata-rata 90% pada indikator efisien, visual dan audio. Penilaian dari 10 mahasiswa mendapat skor rata-rata 84% masuk kategori "sangat layak". Berdasarkan hasil penilaian, maka media yang dihasilkan dinyatakan sangat baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 22 Jun 2022 03:06
Last Modified: 22 Jun 2022 03:06
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38326

Actions (login required)

View Item View Item