Pengaruh Campuran Tanah Clay Dengan Trass Terhadap Nilai California Bearing Ratio (CBR) Laboratorium sebagai Tanah Timbunan

Dila, Sonia Fara (2021) Pengaruh Campuran Tanah Clay Dengan Trass Terhadap Nilai California Bearing Ratio (CBR) Laboratorium sebagai Tanah Timbunan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_SONIA_FARA_DILA_17323091_4304_2021.pdf

Download (544kB) | Preview

Abstract

Jalan tol adalah bangunan sipil yang terletak di atas permukaan tanah dasar. Menghitung pengaruh daya dukung tanah timbunan penting dilakukan untuk menghitunTeknikg beban yang bekerja pada struktur jalan tol. Dalam perencanaan struktur jalan, faktor utama yang harus deperhatikan adalah kondisi tanah itu sendiri, tanah yang baik adalah tanah yang butiran padat dan pasirnya sedikit. Metode untuk menentukan daya dukung tanah adalah dengan mencari nilai California bearing Rasio (CBR). Pada Proyek Pekerjaan Jalan Tol Ruas Pekanbaru – Padang Seksi Sicincin – Lubuk Alung – Padang mengunakan spesifikasi teknis jalan tol dengan mensyaratkan nilai CBR tidak kurang dari 6% sesuai dengan karakteristik daya dukung timbunan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah campuran tanah clay dengan trass dapat meningkatkan daya dukung tanah timbunan. Berdasarkan hasil penelitian didaptkan campuran tanah clay dengan trass dapat meningkatkan daya dukung tanah timbunan. Campuran 1:3 adalah campuran yang dapat digunakan sebagai timbunan CBM pada jalan tol.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 22 Jun 2022 03:05
Last Modified: 22 Jun 2022 03:05
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38323

Actions (login required)

View Item View Item