Hubungan Antara Dukungan Pemerintah Desa dengan Partisipasi Masyarakat dalam Pelaksanaan Pendidikan Nonformal Didesa Marunggi Kota Pariaman.

Putri, Silvia Septriani (2022) Hubungan Antara Dukungan Pemerintah Desa dengan Partisipasi Masyarakat dalam Pelaksanaan Pendidikan Nonformal Didesa Marunggi Kota Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_4_SILVIA_SEPTRIANI_PUTRI_17005029_511_2022.pdf

Download (55kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan pendidikan belum berjalan secara optimal di desa Marunggi Kota Pariaman. Masih banyak pendidikan nonformal yang belum terlaksana dan banyak menghadapi masalah. Hal ini diduga adanya keterkaitan dengan dukungan pemerintah. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui gambaran dukungan pemerintah didesa marunggi kota pariaman 2) untuk mengetahui gambaran partisipasi masyarakat pendidikan non formal di desa marunggi kota pariaman 3) untuk mengetahui hubungan antara dukungan pemerintah dengan keikutsertaan warga dalam pelaksanaan pendidikan non formal didesa marunggi kota pariaman. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah 113 orang dan sampel penelitian ini adalah 54 masyarakat yang terdaftar pada pendidikan program nonformal dengan teknik pengambilan sampling Cluster Random Sampling merupakan randomisasi kelompok. Analisis penelitian ini yaitu korelasional pearson product moment. Hasil penelitian ini menunjukan 1) gambaran dukungan pemerintah didesa marunggi kota pariaman dikategorikan sangat tinggi 2) gambaran partisipasidalam pelaksanaan Pendidikan non formal dikategorikan sangat tinggi 3) terdapat keterkaitan sangat jelas antara dukungan pemerintah terhadap antusias warga dalam pelaksanaan Pendidikan non formal didesa marunggi. Hasil penelitian ini Terdapat hubungan yang signifikan antara dukungan pemerintah terhadap partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan pendidikan nonformal di desa Marunggi Kota Pariaman. Saran dalam penelitian ini adalah 1) diharapkan bagi Lembaga pemerintah harus adanya dorongan terhadap masyarakat dalam kegiatan Pendidikan non formal yang berguna memberikan wadah untuk dapat menambah ilmu sepanjang hayat 2) pemerintah desa perlu mencari tambahan dana dengan melakukan penggalangan keuangan 3)pemerintah mampu mencari tenaga pendidik dengan mengikutsertakan Lembaga serta organisasi sosial kemasyarakatan 4) warga yang mengikuti Pendidikan non formal wajib bisa mempergunakan bantuan serta fasilitas yang telah disiapkan oleh pemerintah desa 5) warga diharap mendukung pemerintah dalam usaha peningkatan mutu sumber daya manusia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PEMERINTAH DESA, MASYARAKAT, PENDIDIKAN NONFORMAL
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 22 Jun 2022 03:04
Last Modified: 22 Jun 2022 03:04
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38318

Actions (login required)

View Item View Item