Pengaruh Penggunaan Media Video terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA pada Program Kesetaraan Paket B.

Pratiwi, Silfia (2022) Pengaruh Penggunaan Media Video terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA pada Program Kesetaraan Paket B. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_4_SILFIA_PRATIWI_17005131_736_2022.pdf

Download (716kB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan sekolah kesetaraan tidak luput dari berbagai permasalahan, dimana karakterisik warga belajar di kejar paket cukup heterogen baik darisegi usia, pengalaman, latar belakang, sikap bahkan minat belajar dan lain sebaginya. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang aktifnya peserta didik dalam melakukan pembelajaran pada mata pelajaran IPA di Program Kesetaraan Paket B dikarenakan media yang digunakan tutor tidak bervariasi. Hal itu membuat hasil belajar peserta didik yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan media video pada mata pelajaran IPA dan untuk melihat pengaruh penerapan media video terhadap hasil belajar di Program Kesetaraan Paket B. Jenis penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis eksperimen dengan model posttest-only control group. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh warga belajar Program Kesetaraan Paket B di PKBM Sentosa Hati kelas IX yang berjumlah 50 orang. Adapun sampelnya diambil menggunakan teknik simple random sampling dari kelas IXA dan IXB dengan masing-masing kelas diambil 15 orang. Penelitian ini dilakukan pada dua kelas dengan memberikan materi yang sama yaitu “sistem reproduksi tumbuhan dan hewan” dengan perlakuan yang berbeda. Perlakuan atau treatment disini berupa pemberian media video kepada kelas eksperimen untuk melihat pengaruh penggunan media video terhadap hasil belajar. Pengumpulan data dilakukan dengan cara tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah t-test. Adapun analisi data dalam penelitian ini yaitu thitung > ttabel dimana 7,126 > 2,048 ini membuktikan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Maka dapat dikatakan terdapat pengaruh penggunaan media video terhadap hasil belajar. Adapun hasil penelitian ini adalah, 1) hasil belajar peserta didik yang tidak menggunakan media video memiliki rata-rata rendah; 2) hasil belajar peserta didik yang diberikan perlakuan media video memiliki rata-rata tinggi; dan 3) terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan media video terhadap hasil belajar mata pelajaran IPA peserta didik pada Program Kesetaraan Paket B. Adapun saran dalam penelitian ini yaitu, 1) diharapkan kepada tutor dalam proses pembelajaran lebih memperhatikan lagi media pembelajrannya. 2) kepada penyelanggra program ditingkatkan lagi sarana dan prasarana yang dapat menunjang proses pembelajaran dengan menggunakan media video.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MEDIA VIDEO, HASIL BELAJAR, IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 22 Jun 2022 03:04
Last Modified: 22 Jun 2022 03:04
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38317

Actions (login required)

View Item View Item