Hubungan antara Strategi Pembelajaran dengan Motivasi Belajar Anak di Perguruan Pencak Silat Silaturrahmi Kelurahan Kalumbuk Kecamatan Kuranji Kota Padang.

Febriani, Jeni (2022) Hubungan antara Strategi Pembelajaran dengan Motivasi Belajar Anak di Perguruan Pencak Silat Silaturrahmi Kelurahan Kalumbuk Kecamatan Kuranji Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_4_JENI_FEBRIANI_16005065_962_2022.pdf

Download (8kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar anak di Perguruan Pencak Silat Silaturrahmi Kelurahan Kalumbuk Kecamatan Kuranji Kota Padang diduga ada hubungannya dengan strategi pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkap gambaran mengenai strategi pembelajaran, motivasi belajar anak, dan mengungkapkan hubungan antara strategi pembelajaran dengan motivasi belajar anak di Perguruan Pencak Silat Silaturrahmi Kelurahan Kalumbuk Kecamatan Kuranji Kota Padang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasional. Populasi dari penelitian ini adalah peserta didik yang terdaftar di Perguruan Pencak Silat Silaturrahmi tahun 2020 yang berjumlah 84 orang dan sampel sebanyak 60% yaitu 51 orang dengan teknik penarikan sampel yaitu stratified random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan alat yang digunakan yaitu kuesioner. Teknik analisis data menggunakan rumus persentase dan rumus product moment. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) strategi pembelajaran di perguruan pencak silat Silaturrahmi Kelurahan Kalumbuk Kecamatan Kuranji Kota Padang tergolong tidak efektif; (2) motivasi belajar anak di perguruan pencak silat silaturrahmi kelurahan kalumbuk kecamatan kuranji kota padang tergolong rendah; (3) adanya hubungan yang signifikan antara strategi pembelajaran dengan motivasi belajar anak di Perguruan Pencak Silat Silaturrahmi Kelurahan Kalumbuk Kecamatan Kuranji Kota Padang. Saran penelitian ini adalah diharapkan kepada pengelola Perguruan Pencak Silat Silaturrahmi Kelurahan Kalumbuk Kecamatan Kuranji Kota Padang agar dapat mendorong pelatih membuat strategi pembelajaran yang menarik bagi peserta didik demi tercapainya tujuan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: STRATEGI PEMBELAJARAN, MOTIVASI BELAJAR
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 22 Jun 2022 03:03
Last Modified: 22 Jun 2022 03:03
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38312

Actions (login required)

View Item View Item