Hubungan Antara Persepsi terhadap Pembelajaran dengan Prestasi Belajar Peserta Bimbingan Belajar (Bimbel) di Zoel Operation Kota Padang Panjang.

Irma, Hayu (2022) Hubungan Antara Persepsi terhadap Pembelajaran dengan Prestasi Belajar Peserta Bimbingan Belajar (Bimbel) di Zoel Operation Kota Padang Panjang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_4_HAYU_IRMA_17005074_706_2022.pdf

Download (47kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya prestasi belajar peserta bimbel di Zoel Operation Kota Padang Panjang diakibatkan oleh persepsi yang negatif terhadap pembelajaran. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Menggambarkan persepsi terhadap pembelajaran peserta bimbingan belajar. (2) Menggambarkan prestasi belajar peserta bimbingan belajar. (3) Menggambarkan hubungan antara persepsi terhadap pembelajaran dengan prestasi belajar peserta bimbingan belajar. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif yang bertujuan meneliti korelasi antara variabel bebas dan terikat. populasi penelitian ini sebanyak 43 peserta bimbel. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian dilakukan dengan teknik Stratified Random Sampling. Adapun sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 peserta bimbel atau sampel dalam penelitian ini sebanyak 70%. Teknik dalam pengumpulan data dengan menggunakan pernyataan tertulis (angket) dan alat pengumpulan data berupa daftar pernyataan. Teknik analisis data menggunakan rumus presentase dan pengolahan data menggunakan Rumus Product Moment. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Persepsi terhadap pembelajaran peserta bimbingan belajar (bimbel) di Zoel Operation Kota Padang Panjang dikategorikan negatif. (2) Prestasi belajar peserta bimbingan belajar (bimbel) di Zoel Operation Kota Padang Panjang dikategorikan sedang. (3) Terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi terhadap pembelajaran dengan prestasi belajar peserta bimbingan belajar di Zoel Operation Kota Padang Panjang. Diharapkan kepada peneliti selanjutnya untuk dapat meneliti variabel baru sehingga dapat memperlengkap variabel dalam penelitian yang ada.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PRESTASI BELAJAR, BIMBINGA BELAJAR, PEMBELAJARAN
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 22 Jun 2022 03:02
Last Modified: 22 Jun 2022 03:02
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38307

Actions (login required)

View Item View Item