Analisis Faktor Penyebab dan Akibat Contract Change Order Terhadap Biaya Proyek (Studi Kasus: D.I Bandar Nan Tunggang Nagari Sungai Jambu Kabupaten Tanah Datar)

Prima, Rifkl Aditya (2021) Analisis Faktor Penyebab dan Akibat Contract Change Order Terhadap Biaya Proyek (Studi Kasus: D.I Bandar Nan Tunggang Nagari Sungai Jambu Kabupaten Tanah Datar). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_RIFKI_ADITYA_PRIMA_17323086_5486_2021.pdf

Download (641kB) | Preview

Abstract

Dalam proyek konstruksi sering terjadi masalah yang tidak dapat diperkirakan seperti kondisi pada saat di lapangan atau hal lainnya. Yang sering biasa terjadi pada proyek konstruksi yaitu contract change order (CCO). Pada proyek D.I Bandar Nan Tunggang Nagari Sungai Jambu Kabupaten Tanah Datar terjadi perubahan gambar kerja dari type U menjadi type Y pada satu titik saluran dan perubahan pada volume kerja sehingga proyek ini mengalami contract change order (CCO). Tugas akhir ini bertujuan untuk mengetahui penyebab dan akibat contract change order terhadap biaya pada proyek ini. Penelitian tugas akhir ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Pengambilan data primer dan sekunder terkait contract change order (CCO) didapatkan dari pengamatan di lapangan dan pencatatan berbagai dokumen. Analisis data menggunakan metode triangulasi sumber untuk menggali kebenaran informasi tertentu dengan menggunakan berbagai sumber data seperti dokumen, arsip, hasil wawancara, hasil pengamatan atau juga dengan mewawancarai lebih dari satu subjek yang dianggap memiliki sudut pandang yang berbeda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa faktor penyebab terjadi contract change order (CCO) karena terjadi tanah longsor pada lokasi pekerjaan sehingga mengakibatkan terjadinya perubahan desain awal dan perubahan volume kerja. Pada nilai kontrak tidak terjadi penambahan atau pengurangan biaya dan sesuai dengan kontrak awal. Pihak-pihak yang bertanggung jawab yaitu PPK, PPTK, pengawas lapangan dan kontraktor hendaknya pada saat perencanaan lebih diperhatiankan apakah daerah pada lokasi tersebut rawan longsor atau tidak sehingga dapat mencegah atau mengurangi terjadinya contract change order.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 22 Jun 2022 03:02
Last Modified: 22 Jun 2022 03:02
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38304

Actions (login required)

View Item View Item