Pemodelan Klasifikasi Hasil Pertandingan Sepak Bola (Studi Kasus Pertandingan Real Madrid Melawan Semua Klub La Liga Spanyol Musim 2020/2021)

Rofie, Fariz Leon (2022) Pemodelan Klasifikasi Hasil Pertandingan Sepak Bola (Studi Kasus Pertandingan Real Madrid Melawan Semua Klub La Liga Spanyol Musim 2020/2021). Diploma thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_FARIZ_LEON_18037020_2025_2022.pdf

Download (671kB) | Preview

Abstract

Sepakbola merupakan olahraga yang paling digemari seluruh dunia. Salah satu klub yang paling disukai yaitu Real Madrid. Real Madrid bermain di La Liga Spanyol, pada pertandingan di La Liga Spanyol Real Madrid akan melawan 19 klub yang bermain di La Liga Spanyol dengan total 38 pertandingan sebagai tim tuan rumah dan tim tamu. Hasil akhir dalam pertandingan sepak bola terdiri dari menang, seri, atau kalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui variabel apa yang paling signifikan pada pertandingan Real Madrid sebagai tim tuan rumah dan pertandingan Real Madrid sebagai tim tamu. Metode yang digunakan adalah metode cart untuk pemodelan klasifikasi hasil pertandingan sepak bola. Tujuan metode CART adalah untuk mendapatkan kelompok data yang akurat sebagai penciri dari suatu pengklasifikasian. Keunggulannya adalah tidak ada asumsi yang hams dipenuhi, dapat mengekplorasi data yang kompleks dan banyak peubah, hasil lebih mudah diinterpretasikan, dan pengambilan keputusan. Metode CART yang dapat digunakan untuk melihat hubungan antara peubah respon dan penjelas yang ditampilkan berupa struktur pohon. Pohon yang dihasilkan bergantung j enis data peubah respon Hasil dari metode cart menghasilkan 2 pohon yaitu, pohon pertama Real Madrid sebagai tim tuan rumah menghasilkan empat peubah yang masuk dalam pohon klasifikasi, dan pohon kedua Real Madrid sebagai tim tamu menghasilkan lima peubah yang masuk dalam pohon klasifikasi. Empat peubah pada pohon pertama yaitu, Xl (Total tendangan tim Real Madrid), X4 (Total tendangan tepat ke gawang tim lawam), XS (Jumlah tendangan sudut tim Real Madrid), dan X6 (Jumlah tendangan sudut tim lawan). Lima peubah pada pohon kedua yaitu, Xl (Total tendangan tim lawan), X2 (Total tendangan tim Real Madrid), XS (Total tendangan sudut tim lawan), X7 (Jumlah kartu kuning tim lawan), dan X8 (Jumlah kartu kuning tim Real Madrid).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistika - D3
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 22 Jun 2022 03:02
Last Modified: 22 Jun 2022 03:02
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38301

Actions (login required)

View Item View Item