Model Optimisasi Robust untuk Masalah Pengendalian Biaya Persediaan Produk Kain Tenun (Studi Kasus untuk Data Permintaan Kain Tenun di Tenun Kubang H. Ridwan By)

Hendrayanti, Febbyola (2022) Model Optimisasi Robust untuk Masalah Pengendalian Biaya Persediaan Produk Kain Tenun (Studi Kasus untuk Data Permintaan Kain Tenun di Tenun Kubang H. Ridwan By). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_Febbyola_Hendrayanti_17030096_1710_2022.pdf

Download (645kB) | Preview

Abstract

Pengendalian persediaan sangat penting bagi perusahaan karena tanpa pengendalian persediaan yang tepat perusahaan akan mengalami masalah dalam memenuhi kebutuhan konsumen baik dalam bentuk barang maupun jasa yang dihasilkan oleh perusahaan tersebut. Pada dasamya sebuah perusahaan mengadakan pengendalian persediaan produk yang bertujuan untuk meminimumkan biaya pada perusahaan tersebut. Tenun Kubang H. Ridwan By sendiri masih menggunakan metode konvensional untuk menghitung total biaya persediaan sehingga biaya yang dikeluarkan baik untuk membeli produk maupun biaya penyimpanan masih tinggi, oleh karena itu diperlukannya pengendalian persediaan produk yang bertujuan untuk meminimalkan biaya persediaan sehingga tujuan perusahaan dapat tercapai. Dalam menyelesaikan masalah pengendalian biaya persediaan untuk meminimalkan total biaya persediaan yaitu menggunakan model Optimisasi Robust. Optimisasi Robust merupakan model optimisasi yang mengandung data ketidakpastian untuk memperoleh solusi yang tepat dengan menggunakan penyelesaian secara Linear Programming. Penelitian ini merupakan penelitian terapan dan data yang digunakan adalah data permintaan, biaya pembelian, biaya pengadaan, biaya penyimpanan, dan biaya kekurangan yang diperoleh dari Tenun Kubang H. Ridwan By. Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa dengan model Optimisasi Robust menunjukkan bahwa basil perhitungan sebesar Rp. 240.735.582. Hasil perhitungan ini membuktikan bahwa total biaya persediaan lebih optimal dari pada biaya yang diperhitungkan oleh perusahaan sebesar Rp. 280.802.273 maka perusahaan dapat menghemat biaya sebesar Rp. 40.066.691 atau sebesar 14% dari total biaya persediaan aslinya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 22 Jun 2022 03:00
Last Modified: 22 Jun 2022 03:00
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38297

Actions (login required)

View Item View Item