Produksi Bioetanol Melalui Hidrolisis Glukosa Basil Proses Delignifikasi Lignoselulosa dari Ampas Kulit Ari Kacang Tanah (Arachis Hypogaea L.)

Fadillah, Dina (2022) Produksi Bioetanol Melalui Hidrolisis Glukosa Basil Proses Delignifikasi Lignoselulosa dari Ampas Kulit Ari Kacang Tanah (Arachis Hypogaea L.). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_08_DINA_FADILLAH_19036175_1500_2022.pdf

Download (402kB) | Preview

Abstract

Pada saat ini pemanfaatan kacang tanah masih sebatas pada bijinya saja. Sedangkan kulit arinya jarang dimanfaatkan, sedangkan pada kulit ari kacang tanah banyak terkandung makronutrien salah satunya lignoselulosa dengan kandungan serat selulosa sebanyak 63%. Selulosa dapat dijadikan sebagai bahan baku pembuatan bioetanol dengan cara hidrolisis asam dan fermentasi. Hasil penelitian pada proses pretreatment menunjukkan bahwa penggunaan NaOH 15% dapat memisahkan lignin dan selulosa yang paling optimum. Pada proses hidrolisis asam menggunakan asam sulfat 3M didapatkan hasil glukosa yang optimum dengan lama waktu hidrolisis 5 jam. Pada proses fermentasi, semakin banyak glukosa yang difermentasi maka semakin banyak juga bioetanol yang dihasilkan. Setelah proses fermentasi dilakukan pengecekan pH, dengan rentang pH bioetanol yang baik yaitu pH 6. Pada penelitian ini yang sesuai dengan rentang pH yang baik yaitu glukosa dengan kadar 6% dan 8%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 22 Jun 2022 02:58
Last Modified: 22 Jun 2022 02:58
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38290

Actions (login required)

View Item View Item