Hubungan Keterlibatan Peserta Didik dalam Kegiatan Ekstrakurikuler dengan Sikap Positif dalam Mengikuti Kegiatan Pramuka di SMK Negeri 6 Padang.

Sari, Eva Novita (2022) Hubungan Keterlibatan Peserta Didik dalam Kegiatan Ekstrakurikuler dengan Sikap Positif dalam Mengikuti Kegiatan Pramuka di SMK Negeri 6 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_4_EVA_NOVITA_SARI_17005015_797_2022.pdf

Download (85kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perubahan sikap positif yang sangat baik pada peserta didik yang mengikuti kegiatan pramuka di SMK Negeri 6 Padang. Perubahan sikap positif tersebut diduga disebabkan karena ekstrakurikuler pramuka berlangsung dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk: keterlibatan peserta didik dalam kegiatan ekstrakurikuler, sikap positif peserta didik, dan melihat hubungan antara keterlibatan peserta didik dalam kegiatan ekstrakurikuler dengan sikap positif dalam mengikuti Kegiatan Pramuka di SMK Negeri 6 Padang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif korelasional dengan populasi seluruh peserta didik yang terdaftar mengikuti kegiatan ekstrakurikuler pramuka kemudian sampel diambil dengan teknik Random Sampling. Teknik pengumpulan data berupa angket atau kuesioner. Teknik analisis data menggunakan rumus persentase dan korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: keterlibatan peserta didik dalam kegiatan ekstrakurikuler pramuka di SMK Negeri 6 Padang dikategorikan cukup baik, sikap positif dalam kegiatan pramuka di SMK Negeri 6 Padang dikategorikan cukup baik, dan terdapat hubungan yang cukup siginifikan antara keterlibatan peserta didik dalam kegiatan ekstrakurikuler dengan sikap positif dalam mengikuti kegiatan pramuka di SMK Negeri 6 Padang. Disarankan kepada pembina untuk menciptakan kegiatan pramuka yang menarik dan menyenangkan sehingga perubahan sikap peserta didik menjadi lebih meningkat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: SIKAP POSITIF, PRAMUKA, PESERTA DIDIK
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 22 Jun 2022 02:58
Last Modified: 22 Jun 2022 02:58
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38288

Actions (login required)

View Item View Item