Hubungan Kompetensi Profesional Instruktur dengan Hasil Belajar Keterampilan Randai pada Kegiatan Ekstrakurikuler di SMA Negeri 1 Padang Ganting Kabupaten Tanah Datar.

Harini, Cici Anggrestu (2022) Hubungan Kompetensi Profesional Instruktur dengan Hasil Belajar Keterampilan Randai pada Kegiatan Ekstrakurikuler di SMA Negeri 1 Padang Ganting Kabupaten Tanah Datar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_4_CICI_ANGGRESTU_HARINI_17005008_843_2022.pdf

Download (7kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar keterampilan peserta didik mengikuti kegiatan Ekstrakurikuler dalam keterampilan randai di SMA Negeri 1 Padang Ganting Kabupaten Tanah Datar hal ini disebabkan rendahnya kompetensi profesional instruktur. Tujuan penelitian ini adalah (1). untuk menggambarkan kompetensi profesional instruktur,(2). untuk menggambarkan hasil belajar keterampilan randai, (3). untuk melihat hubungan kompetensi profesional instruktur dengan hasil belajar keterampilan randai pada kegiatan ekstrakurikuler di SMA Negeri 1 Padang Ganting. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif dan jenis korelasional. Populasi penelitian ini adalah peserta didik pada kegiatan randai di SMA Negeri 1 Padang Ganting Tahun 2021 dan pengambilan sampel menggunakan Random Sampling. Teknik pengumpulan data berupa angket. Sedangkan untuk teknik analisis data digunakan rumus persentase dan rank order. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi profesional instruktur pada kegiatan Eksrakurikuler randai tergolong rendah, dan hasil belajar peserta didik kegiatan Ekstrakurikuler randai masih rendah, dan terdapat hubungan signifikan antara kompetensi profesional instruktur dengan hasil belajar keterampilan randai pada kegiatan ekstrakurikuler di SMA Negeri 1 Padang Ganting. Disarankan agar instruktur untuk dapat mengembangkan kompetensi profesional instruktur dalam proses kegiatan randai agar tercapainya hasil belajar keterampilan peserta didik lebih meningkat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: KOMPETENSI PROFESIONAL, HASIL BELAJAR, KETERAMPILAN RANDAI
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 22 Jun 2022 02:56
Last Modified: 22 Jun 2022 02:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38281

Actions (login required)

View Item View Item