Hubungan Antara Keaktifan Berorganisasi Pusat Informasi Konseling Remaja (PIK-R) dengan Hasil Belajar Peserta Didik SMA N 3 Padang Panjang.

Mulia, Azan Jumat (2022) Hubungan Antara Keaktifan Berorganisasi Pusat Informasi Konseling Remaja (PIK-R) dengan Hasil Belajar Peserta Didik SMA N 3 Padang Panjang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_4_AZAN_JUMAT_MULIA_17005148_723_2022.pdf

Download (458kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik yang diduga ada hubungan dengan mengikuti organisasi PIK-R di Sekolah Menengah Atas Negri 3 Padang Panjang. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan keaktifan peserta didik dalam organisasi PIK-R . (2) melihat gambaran hasil belajar yang mengikuti PIK-R. (3) mengetahui hubungam antara keaktifan organisasi PIK-R dengan hasil belajarnya . Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis korelasional. Teknik dalam pengumpulan data menggunakan angket dan alat pengumpulan data berupa daftar pernyataan. Teknik analisis data menggunakan rumus presentase dan rumus rank order. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) gambaran keaktifan berorganisasi PIK-R peserta didik Sekolah Menengah Atas Negri 3 Padang Panjang dikategorikan rendah, (2) gambaran hasil belajar peserta didik yang mengikuti PIK-R dikategorikan sedang, dan (3) terdapat hubungan yang signifikan antara keaktifan berorganisasi PIK-R dengan hasil belajar peserta didik Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Padang Panjang. Diharapkan kepada Sekolah dan pembina PIK-R di Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Padang Panjang agar bisa meningkatkan keaktifan dalam berorganisasi di Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Padang Panjang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: ORGANISASI, HASIL BELAJAR, KONSELING REMAJA
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 22 Jun 2022 02:56
Last Modified: 22 Jun 2022 02:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38278

Actions (login required)

View Item View Item