Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sosiologi Kelas XI SMAN 12 Padang.

Putri, Sukma Akma (2022) Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sosiologi Kelas XI SMAN 12 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_SUKMA_AKMA_PUTRI_17004039_1296_2022.pdf

Download (138kB) | Preview

Abstract

Guru dalam pembelajaran lebih dominan dengan ceramah dengan menggunakan media yang kurang tepat dan menarik, sehingga siswa kesulitan dalam belajar. Tuntutan kurikulum dan ketersediaan Video on Demand oleh kemendikbud belum dimanfaatkan oleh guru. Peranan video pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran membuat siswa akan lebih paham dari pada hanya mendengarkan saja dari guru. Siswa juga lebih aktif dan tidak mudah bosan saat proses belajar daring dirumah. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penggunaan video pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sosiologi kelas XI SMAN 12 Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif berbentuk quasy exsperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAN 12 Padang. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling, sehingga yang menjadi sampel adalah kelas XI IPS 1 (Kelas Eksperimen) dan kelas XI IPS 2 (Kelas Kontrol). Data yang diambil dari penelitian adalah data hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sosiologi. Instrument penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar berupa soal objektive sebanyak 50 butir soal. Setelah diperoleh hasil belajar, dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas, kemudian dilanjutkan dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata yang menggunakan menggunakan video pembelajaran yaitu 89.3 lebih tinggi dari yang menggunakan pembelajaran seperti biasa yaitu 80.7. Hasil perhitungan t-tes diperoleh thitung > ttabel yaitu 6,23 > 1,38 pada taraf signifikan ɑ 0,05. Dengan demikian penggunaan video pembelajaran berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar Sosiologi siswa kelas XI SMAN 12 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: VIDEO PEMBELAJARAN, PEMBELAJARAN, HASIL BELAJAR
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 22 Jun 2022 02:55
Last Modified: 22 Jun 2022 02:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38277

Actions (login required)

View Item View Item