Pelatihan Stimulasi Motorik Kasar Anak Melalui Kegiatan Menyanyi bagi Guru-guru PAUD di Kecamatan Canduang Kabupaten Agam

Yeni, Indra and Putra, Irdhan Epria Dharma and Anggraini, Vivi (2019) Pelatihan Stimulasi Motorik Kasar Anak Melalui Kegiatan Menyanyi bagi Guru-guru PAUD di Kecamatan Canduang Kabupaten Agam. Project Report. Universitas Negeri Padang, Padang.

[img]
Preview
Text
8 2019 Irdhan Pengabdian.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan suatu kegiatan universal dalam kehidupan manusia. Hakikatnya pendidikan merupakan usaha manusia untuk memanusiakan manusia itu sendiri, yaitu untuk membudayakan manusia. Secara umum pendidikan adalah upaya sadar untuk membentuk pribadi anak menjadi orang dewasa yang mandiri, sebab pendidikan bertujuan untuk membelajarkan anak supaya menjadi dewasa, mandiri dan terjadi perubahan baik dalam pengetahuan, perilaku, maupun sikap. Di samping pendidikan berlaku bagi siapa saja, pendidikan juga berlangsung seumur hidup (life long education), kalimat yang sering dikenal sejak dulu sampai sekarang, yang artinya “pendidikan sepanjang hayat”. Semua itu menjelaskan bahwa pendidikan telah menjadi kebutuhan pokok manusia. Adanya konsep pendidikan seumur hidup memungkinkan seseorang mengembangkan potensi sesuai dengan kebutuhannya. Konsep pendidikan sepanjang hayat menjadi panduan dalam meninggikan harkat dan martabat manusia. Anak-anak bangsa ini tidak boleh tertinggal dengan bangsa lainnya di dunia. Oleh karena itu, pendidikan sejak dini harus ditanamkan kepada mereka. Salah satu kebijakan pemerintah di sektor pendidikan yang mendukung pendidikan sepanjang hayat adalah diakuinya Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sebagai pendidikan yang sangat mendasar dan strategis dalam pembangunan sumber daya manusia. UU No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional menyatakan bahwa usia anak usia dini adalah sejak lahir sampai usia 6 tahun. Anak usia tersebut dipandang memiliki karakteristik yang berbeda dengan anak usia diatasnya dan anak pada usia tersebut pada masa golden age. Dari aspek pendidikan, stimulasi dini sangat diperlukan guna memberikan rangsangan terhadap seluruh aspek perkembangan anak, yang mencakup penanaman nilainilai dasar (agama dan budi pekerti), pembentukan sikap (disiplin dan kemandirian) dan pengembangan kemampuan dasar (berbahasa, motorik, kognitif, sosial – emosional ,, dan seni).

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 20 Jun 2022 04:34
Last Modified: 20 Jun 2022 04:34
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38272

Actions (login required)

View Item View Item