Pelatihan Pengelolaan Budaya Lokal di Sekolah Menengah Pertama untuk Meningkatkan Kreativitas dan Kemampuan Guru dan Siswa dalam Menunjang Pariwisata Kota Payakumbuh

Wimbrayardi, Wimbrayardi and Putra, Irdhan Epria Darma and Hakim, Uswatul (2022) Pelatihan Pengelolaan Budaya Lokal di Sekolah Menengah Pertama untuk Meningkatkan Kreativitas dan Kemampuan Guru dan Siswa dalam Menunjang Pariwisata Kota Payakumbuh. Project Report. Universitas Negeri Padang, Padang.

[img]
Preview
Text
2 2021 Irdhan Pengabdian.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Program Kemitraan Masyarakat (PKM) yang sudah dilakukan 2021 di SLTP (SMP Negeri 8, SMP Negeri 9, SMP Negeri 10 Kota Payakumbuh), cukup memberikan hasil yang maksimal, oleh karena itu hampir semua Sekolah Tingkat SLTP di Payakumbuh berkeinginan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) di sekolah mereka. Karena siswa SMP merupakan sasaran pelatihan pengembangan kreativitas dengan objek yaitu generasi muda, generasi muda yang diberi pelatihan yaitu siswa-siswa. Kesenian dan pariwisata merupakan dua kegiatan yang saling memiliki keterkaitan sangat kuat. Kesenian yang didalamnya meliputi seni pertunjukan, dalam konteks industri pariwisata telah menjadi atraksi atau daya tarik wisata yang sangat penting dan menarik, khususnya dikaitkan dengan kegiatan wisata budaya. Seni pertunjukan yang didalamnya antara lain mencakup seni tari, seni musik maupun seni pentas lainnya baik tradisional maupun modern, diberbagai daerah tujuan wisata di Indonesia Salah satu hal yang dapat dikembangkan dalam bidang pariwisata adalah keberagaman budaya. Budaya Lokal Kota Payakmbuh merupakan salah satu aset pariwisata budaya yang dapat diunggulkan di Kota Payakmbuh. Namun terdapat permasalahan, terkait dengan keterlibatan masyarakat, promosi daya tarik wisata, kerjasama stakeholders dan aksesibilitas maupun sarana prasarana penunjang pariwisata. Oleh sebab itu, dibutuhkan strategi yang terkait dengan potensi daya tarik wisata, aksesibilitas, amenitas, fasilitas pendukung dan kelembagaan pariwisata dalam mengembangkan destinasi pariwisata. Untuk menunjang kepariwisataan Kota Payakumbuh perlu dilakukan beberapa hal antara lain; 1) Pelatihan kesenian tradisi budaya lokal milik masyarakat umtuk peserta didik yaitu sekolah-sekolah SMP Negeri 1, SMP Negeri 2, SMP Negeri 3 Kota Payakumbuh, karena generasi merekalah yang akan mempertahankan budaya tradisi (budaya lokal) Kota Payakumbuh. Pariwisata tidak hanya menyangkut aspek ekonomi saja tetapi aspek sosial budaya pariwisata juga perlu mendapatkan perhatian, khususnya pada destinasi dimana pengembangan kepariwisataan yang menekankan pada pariwisata budaya Internasional dan globalisasi budaya.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 20 Jun 2022 04:32
Last Modified: 20 Jun 2022 04:32
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38267

Actions (login required)

View Item View Item