Pelatihan Pembuatan Alat Musik bagi Mahasiswa dalam Peningkatan Kreativitas dan Kemampuan Kewirausahaan Kemandirian dalam Menyikapi Lapangan Pekerjaan

Wimbrayardi, Wimbrayardi and Putra, Irdhan Epria Darma and Maestro, Esy (2020) Pelatihan Pembuatan Alat Musik bagi Mahasiswa dalam Peningkatan Kreativitas dan Kemampuan Kewirausahaan Kemandirian dalam Menyikapi Lapangan Pekerjaan. Project Report. Universitas Negeri Padang, Padang.

[img]
Preview
Text
1 2020 Irdhan Pengabdian.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kegiatan seperti ini sesuai dengan kebijakan Merdeka-kampus merdeka yang dapat menjawab tantangan atau tuntutan Kampus wujud dari pembelajaran di Perguruan Tinggi yang otonom dan fleksibel sehingga tercipta kultur proses yang inovatif sesuai dengan kebutuhan mahasiswa. Pembelajaran dalam Kampus Merdeka memberikan tantangan dan kesempatan untuk mengembangkan kreativitas , kapasitas, kepribadian dan kebutuhan mahasiswa serta kemandirian dalam mencari dan menemukan pengetahuan melalui kenyataan dan dinamika dilapangan seperti; kemampuan, permasalahn ril, interaksi sosial, kolaboraasi, manajemen, tuntutan kerja, target dan pencapaiannya. Pemikiran mengenai pembinaan dan pelatihan proses pembelajaran tentang pembuatan alat musik merupakan usaha yang berkaitan langsung dengan sistem kewirausahaan dalam dunia pendidikan. Pada tataran pemikiran peningkatan dan pelatihan proses pembuatan sebagai salah satu pembelajaran, yang menjadi urusan adalah bagaimana upaya untuk meningkatkan sistem kewirausahaan pendidikan secara terprogram sehingga secara metodologi proses pelatihan pembuatan alat musik itu memberikan sumbangan sebagai balikan (feed-back) bagi mahasiswa untuk peningkatan kemampuan berwirausaha. Permasalahan perlu dicarikan solusinya guna menjawab tantangan untuk menciptakan lapangan pekerjaan bagi mahasiswa lulusan Universitas Negeri Padang. Langkah yang harus dilakukan untuk penyelesaian masalah ini yaitu dengan cara melibatkan mahasiswa dalam pelatihan pembuatan alat musik dengan tenaga propesional dalam bidangnya. Program Kemitraan Masyarakat (PKM) dilakukan pemberian pelatihan serta pengembangan kreativitas dalamm kewirausahaan bagi mahasiswa Tujuan dari PKM ini adalah sebagai langkah pengabdian kepada masyarakat dalam memberi bekal bagi mahasiswa dalam bentuk pembuatan alat musik dan memberi peluang untuk menciptakan lapangan pekerjaan. Target capaian dan luaran yang ingin dicapai dari PKM ini antara lain, artikel ilmiah yang diterbitkan di Jurnal ber-ISSN, publikasi pada media cetak, dan video dari kegiatan serta kemampuan keterampilan berfikir dan psikomotor (softskill dan hardskill) bagi mitra yang dibina guna mewujudkan pengabdian masyarakat kompetitif dan unggul dibidang pembuatan alat musik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 20 Jun 2022 04:32
Last Modified: 20 Jun 2022 04:32
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38266

Actions (login required)

View Item View Item