Efektivitas Komunikasi Diskusi Menggunakan Aplikasi Whatsapp pada Mata Pelajaran Estmasi biaya kelas XI DPIB SMKN 5 Padang

Masdelina, Mia (2021) Efektivitas Komunikasi Diskusi Menggunakan Aplikasi Whatsapp pada Mata Pelajaran Estmasi biaya kelas XI DPIB SMKN 5 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_MIA_MASDELINA_17061097_5104_2021.pdf

Download (597kB) | Preview

Abstract

Pada tahun 2019 dunia dilanda sebuah bencana dengan adanya Covid-19. Pada masa pandemi pendidikan sangat terkena dampaknya.Keberadaan Whatsapp sebagai sarana komunikasi diskusi pembelajaran via daring dikarenakan makin meningkatnya penyebaran Covid-19. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat keefektivitasan komunikasi diskusi pada aplikasi Whatsapp pada mata pelajaran estimasi biaya kelas XI DPIB SMKN 5 Padang.Jenis metode penelitian yang akan digunakan adalah penelitian deskriptif dengan metode pendekatan penelitian kuanitatif. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah Purposive Sampling dengan jumlah responden sebanyak 42 orang dari semua populasi yang dij adikan sampel. data yang diperoleh menggunakan skala linkert yang terdiri dari 5 pilihan jawaban dari 35 pemyataan. data yang diolah memperoleh persentase dari masing-masing indikator. Hasil penelitian menunjukkan Efektivitas Komunikasi Diskusi menggunakan aplikasi Whatsapp kelas XI DPIB di SMK Negeri 5 Padang menggunakan uji T menyatakan bahwa aplikasi Whatsapp efektif digunakan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran estimasi biaya pada kelas XI DPIB di SMKN 5 Padang dengan hasil sebesar Thitung (2.845) > T tabel (1.642) serta komunikasi diskusi antara siswa dan siswa terhadap guru termasuk kategori baik dengan pencapaian 82.29% dan hasil nilai dari penggunaan aplikasi Whatsapp juga termasuk kategori baik dengan pencapaian 85.96% Siswa hams lebih mampu memilah dan mengatasi kendala yang terdapat selama berkomunikasi dan berdiskusi terlebih pada saat pembelajaran daring.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 20 Jun 2022 02:57
Last Modified: 20 Jun 2022 02:57
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38260

Actions (login required)

View Item View Item