Evaluasi Dimensi Jalur Evakuasi Tsunami Bagi Masyarakat Kelurahan Air Tawar Barat Kecamatan Padang Utara Kota Padang Berbasis Geographic Information System (GIS)

Yusup, Iqbal Maulana (2021) Evaluasi Dimensi Jalur Evakuasi Tsunami Bagi Masyarakat Kelurahan Air Tawar Barat Kecamatan Padang Utara Kota Padang Berbasis Geographic Information System (GIS). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_IQBAL_MAULANA_YUSUP_17323005_5137_2021.pdf

Download (541kB) | Preview

Abstract

Kelurahan Air Tawar Barat berada di Kecamatan Padang Utara Kota Padang yang berbatasan langsung dengan Samudra Hindia di sebelah Barat sehingga beresiko akan terjadinya bencana tsunami. Jalur evakuasi saat ini yang menjadi salah satu upaya dalam mengatasi bencana tsunami rupanya masih kurang efektif untuk digunakan karena jarak yang hams ditempuh 3-5 km dalam waktu kurang dari 30 menit. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan arahan jalur evakuasi yang efektif dan kemudian dilakukan perbandingan dengan j alur evakuasi yang telah ditentukan oleh Pemerintah. Metode yang digunakan ialah Network Analyst. Basil penelitian ini diperoleh 3 Altematif agar evakuasi menjadi lebih efektif. Altematif membuat akses jalan di sekitar Jalan Gajah untuk menuju P-TES di kawasan UNP. Altematif 2 membuat P-TES di lahan parkir Puskesmas Air Tawar agar masyarakat sekitar muara sungai dapat melakukan evakuasi dengan lebih cepat karena lebih dekat. Altematif 3 masyarakat di sekitar Polsek Padang Utara dapat melakukan evakuasi dengan menuju P-TES di Jalan Polonia, Kelurahan Air Tawar Timur agar tetap menjauhi pantai. Ketiga altematif terse but menjadikan waktu evakuasi menjadi 10 menit dengan menuju 26 P-TES. Selain itu, peta evakuasi hasil analisis lebih efektif karena jalumya memiliki rute yang lebih memungkinkan untuk ditempuh oleh masyarakat dibandingkan dengan peta evakuasi pemerintah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 20 Jun 2022 02:56
Last Modified: 20 Jun 2022 02:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38256

Actions (login required)

View Item View Item