Analisis Efektivitas Jalur Evakuasi Daerah Padat Penduduk Dan Rawan Tsunami (Studi Kasus: Sektor 6 Peta Evakuasi Kota Padang

Rizqullah, Abiyyu (2021) Analisis Efektivitas Jalur Evakuasi Daerah Padat Penduduk Dan Rawan Tsunami (Studi Kasus: Sektor 6 Peta Evakuasi Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_ABIYYU_RIZQULLAH_17323050_4682_2021.pdf

Download (737kB) | Preview

Abstract

Menurut Edi Hasymi yang menjabat sebagai kepala BPBD Kota Padang pada tahun 2018 mengatakan bahwa ada sekitar 50% masyarakat Kota Padang masuk dalam zona merah tsunami. zona merah tersebut dibuat oleh Pemerintah Kota Padang bekerj a sama dengan BPBD Kota Padang dengan membuat peta evakuasi Kota Padang yang bertujuan untuk memberikan informasi kepada warga tentang arah dan posisi j alur untuk proses evakuasi, peta terse but membagi Kota Padang menjadi 6 sektor. Sektor 6 memiliki daerah yang umumnya penduduknya cukup padat dan pada sektor 6 terdapat pula Pasar Raya dan Plaza Andalas yang merupakan tempat masyarakat melakukan transaksi jual beli yang tergolong ramai pengunjung. Analisis ini dilakukan untuk memaksimalkan j alur evakuasi pada zona merah sektor 6 menuju zona aman yang ditinjau dari peta evakuasi Kota Padang. Metode penelitian ini menggunakan kuantitatif deskriptif dengan metode survei menggunakan instrumen penelitian berupa kuesioner. Kuesioner tersebut terlebih dahulu di validasi Expert Judgement dan dilakukan uji coba kuesioner. Indikator yang dibahas pada kuesioner yaitu tentang kajian kapasitas, kajian waktu evakuasi, kajian teknis jalur evakuasi dan prinsip peta evakuasi. Sampel yang mengisi kuesioner hams memiliki kriteria yaitu pemah melakukan evakuasi bencana dan berjumlah 100 orang. Laju pertumbuhan penduduk Kota Padang pada tahun 2020 tercatat sebesar 0,84% (Badan Pusat Statistik Kota Padang, 2021 ), hal ini berpengaruh terhadap kapasitas jalur evakuasi. Hasil analisis kuesioner dari rata - rata setiap Kelurahan di sektor 6 peta evakuasi Kota Padang menghasilkan penilaian kajian kapasitas jalur evakuasi kurang efektif, penilaian kajian waktu evakuasi tidak efektif, penilaian kajian teknis jalur evakuasi tidak efektif, penilaian prinsip rambu evakuasi tidak efektif, dan penilaian prinsip peta evakuasi tidak efektif. Kesimpulan dari tugas akhir ini bahwa jalur evakuasi yang berada di zona merah sektor 6 peta evakuasi Kota Padang tidak efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 17 Jun 2022 07:36
Last Modified: 17 Jun 2022 07:36
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38237

Actions (login required)

View Item View Item