Keanekaragaman Arthropoda Hama dan Musuh Alami Tanaman Padi (Oryza Sativa L.) di Korong Mangur Kecamatan Padang Sago Kabupaten Padang Pariaman

Kesuma, Ayunda Ramadhani (2022) Keanekaragaman Arthropoda Hama dan Musuh Alami Tanaman Padi (Oryza Sativa L.) di Korong Mangur Kecamatan Padang Sago Kabupaten Padang Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_04_AYUNDA_RAMADHANI_KUSUMA_17032009_988_2022.pdf

Download (623kB) | Preview

Abstract

Padi ( Oryza sativa L.) merupakan makanan pokok yang sangat penting bagi masyarakat Indonesia. Padi ditanam di areal persawahan, yang juga merupakan habitat bagi beberapa hewan dari filum arthropoda seperti serangga yang berperan sebagai hama dan musuh alami. Keanekaragaman arthropoda di sawah sangat mempengaruhi keseimbangan lingkungan serta pertumbuhan tanaman padi. Tujuan penelitian untuk mengetahui jenis arthropoda hama dan musuh alami serta untuk mengetahui keanekaragaman, kemerataan dan kekayaan jenis arthropoda hama dan musuh alami pada areal persawahan. Penelitian ini dilakukan pada bulan Mei sampai Juli 2021, di Korong Mangur Kecamatan Padang Sago. Penelitian bersifat kuantitatif deskriptif. Pengambilan sampel dilakukan pada lahan padi seluas ± 100 m2. Pengambilan sampel menggunakan 5 plot berukuran lxl m dengan jalur diagonal. Pengambilan dilakukan 8 kali dengan interval waktu 7 hari. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan jaring ayun (sweep net) dan secara langsung. Hasil penelitian menunjukan bahwa arthropoda hama yang tertangkap adalah sebanyak 100 ekor terdiri dari 3 ordo, 6 famili dan 8 spesies. Ordo yang ditemukan adalah Orthoptera, Hemiptera dan Lepidoptera. Indeks keanekaragaman hama sebesar 1,58 (sedang), indeks kekayaan 1,52 (rendah) dan indeks kemerataan 0,76 (tinggi). Musuh alami yang didapatkan berjumlah 126 yang terdiri atas 5 ordo, 8 famili, dan 11 spesies. Ordo yang ditemukan adalah Coleoptera, Odonata, Hymenoptera, Orthoptera dan Aranae. Indeks keanekaragaman musuh alami sebesar 2,30 (sedang), indeks kekayaan 2,07 (rendah) dan indeks kemerataan 0,96 (tinggi).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QK Botany
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 15 Jun 2022 03:58
Last Modified: 15 Jun 2022 03:58
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38220

Actions (login required)

View Item View Item