Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry Learning Berbasis Lesson Study for Learning Community pada Materi Kesetimbangan Kimia Terhadap Hasil Belajar Siswa SMAN 1 Padang

Defista, Chesa (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry Learning Berbasis Lesson Study for Learning Community pada Materi Kesetimbangan Kimia Terhadap Hasil Belajar Siswa SMAN 1 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_Chesa_Defista_18035125_1438_2022.pdf

Download (703kB) | Preview

Abstract

Pemilihan model pembelajaran yang mendukung siswa terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran menjadi salah satu faktor yang menentukan hasil belajar siswa. Salah satu model pembelajaran yang sesuai adalah guided inquiry learning. Untuk mendukung terlaksananya model pembelajaran guided inquiry learning secara maksimal maka perlu diterapkan suatu sistem pembelajaran yang mendukung adanya proses perencanaan dan refleksi pembelajaran, sistem itu disebut lesson study for learning community (LSLC). Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran guided inquiry learning berbasis LSLC pada materi kesetimbangan kimia terhadap hasil belajar siswa SMAN 1 Padang. Metode penelitian ini adalah quasi-experiment research dengan rancangan penelitian one group pretest-posttest design. Populasinya adalah semua siswa kelas XI MIPA SMAN 1 Padang yang terdaftar pada Tahun Ajaran 2021/2022. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling, sehingga diperoleh kelas XI MIPA 3 sebagai kelas eksperimen. Data penelitian berupa data primer yang meliputi hasil belajar pada ranah kognitif. Instrumen penilaian berupa soal tes pilihan ganda berjumlah 20 butir. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji N­ Gain, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil analisis data dengan uji N­Gain menunjukkan terdapat peningkatan hasil belajar sebesar 0,68 dengan kategori sedang. Data yang diperoleh berdistribusi secara normal namun variansnya tidak homogen. Maka uji hipotesis dilakukan dengan uji­t' dan diperoleh nilai ­t' tabei<t'bitung<t' tabel­ Sehingga dapat disimpulkan bahwa basil belajar siswa sebelum diterapkan model pembelajaran guided inquiry learning berbasis LSLC lebih rendah secara signifikan daripada hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran guided inquiry learning berbasis LSLC.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 15 Jun 2022 03:54
Last Modified: 15 Jun 2022 03:54
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38218

Actions (login required)

View Item View Item