Pengaruh Senam Otak Terhadap Memori Jangka Pendek Anak MDTA Al-Irsyad Nagari Cingkariang Kabupaten Agam pada Masa New Normal

Joshi, Fitra Haikal (2021) Pengaruh Senam Otak Terhadap Memori Jangka Pendek Anak MDTA Al-Irsyad Nagari Cingkariang Kabupaten Agam pada Masa New Normal. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_FITRA_HAIKAL_JOSHI_16089147_1780_2021.pdf

Download (196kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh latihan senam otak terhadap peningkatan memori jangka pendek anak MDTA Al-Irsyad Nagari Cingkariang Kabupaten Agam Pada Masa New Normal. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasy experiment). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak MDTA Al-Irsyad Nagari Cingkariang Kabupaten Agam yang berjumlah 129 orang anak. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, maka jumlah sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 15 orang anak. Instrument dalam penelitiani ini adalah dengan menggunakan Tes Digit Span merupakan merupakan bagian dari skala intelegensi Wechsler untuk anak (Wechsler Intelligence Scale for Children-Revised, WISC-R). teknik analisis data menggunakan analisis statistic uji t. Hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh senam otak terhadap peningkatan kemampuan memori jangka pendek Anak MDTA Al-Irsyad Nagari Cingkariang Kabupaten Agam Pada Masa New Normal secara signifikan terlihat dari hasil hasil analisis statistik uji beda mean atau uji t. Menunjukkan dengan rata-rata Pre Test sebesar 7,53 dan Post Test nya meningkat menjadi 10,47 (meningkat 2,93 poin). Kemudian hasil analisis uji beda mean (uji t) sebesar thitung 6,99 sedangkan ttabel sebesar 1.76 dengan taraf signifikan α = 0,05 dan n-1 = 14. Berdasarkan pengambilan keputusan di atas maka thitung > ttabel (6,99 > 1,76). Dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh senam otak secara signifikan terhadap peningkatan tingkat memori jangka pendek Anak MDTA Al-Irsyad Nagari Cingkariang Kabupaten Agam Pada Masa New Normal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: SENAM OTAK
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine and Food > Sport General
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 15 Jun 2022 03:54
Last Modified: 15 Jun 2022 03:54
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38217

Actions (login required)

View Item View Item