Meta Analisis Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Aspek Pengetahuan dalam Pembelajaran Fisika

Adha, Annisa Hidayatul (2022) Meta Analisis Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Aspek Pengetahuan dalam Pembelajaran Fisika. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_ANNISA_HIDAYATUL_ADHA_17033050_974_2022.pdf

Download (757kB) | Preview

Abstract

Perkembangan pendidikan menjadi salah satu aspek yang hams selalu diperhatikan. Salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan yaitu melakukan pengembangan kurikulum yang bertujuan untuk memperbaiki pelaksanaan proses pembelajaran di sekolah. Kondisi nyata yang diperoleh setelah melakukan analisis menunjukkan bahwa model pembelajaran yang diterapkan bersifat konvensional yang mengakibatkan aspek pengetahuan peserta didik rendah. Salah satu solusi dari permasalahan ini adalah dengan menerapkan model problem based learning dalam proses pembelajaran fisika. Penelitian meta analisis nu menelaah secara sistematik menggunakan teknik statistik dengan menggabungkan hasil beberapa penelitian terdahulu untuk mengetahui kesimpulan secara keseluruhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui effect size penerapan model problem based learning terhadap aspek pengetahuan dalam pembelajaran fisika. Metode penelitian meta analisis merupakan metode deskriptif terhadap analisis hasil penelitian terdahulu. Metode penelitian meta analisis menggunakan teknik analisis effect size. Metode meta analisis mengkaji sejumlah hasil dari beberapa penelitian dalam masalah yang sejenis. Metode ini mengakumulasikan impact hasil artikel yang tidak signifikan menjadi suatu hasil yang signifikan. Hasil yang diperoleh dari metode meta analisis dapat menjawab pertanyaan terhadap kesenjangan hasil dari berbagai artikel yang memiliki permasalahan yang serupa. Hasil penelitian yang didapatkan mengungkapkan bahwa penerapan model problem based learning terhadap aspek pengetahuan dalam pembelajaran fisika secara keseluruhan memberikan pengaruh dan efektif diterapkan dalam pembelajaran dengan nilai effect size I, 154. Model problem based learning memberikan pengaruh yang signifikan dilihat dari tingkatan kelas, unit materi pelajaran, dan tingkatan kemampuan berpikir. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu dengan menerapkan model problem based learning dalam pembelajaran fisika lebih efektif untuk meningkatkan aspek pengetahuan peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 15 Jun 2022 03:29
Last Modified: 15 Jun 2022 03:29
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38204

Actions (login required)

View Item View Item