Efektivitas Organisasi Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Penyelenggaraan Diklat Kepemimpinan Tingkat III Di Lingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat

Naserd, Aldo Ramdhani (2022) Efektivitas Organisasi Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Penyelenggaraan Diklat Kepemimpinan Tingkat III Di Lingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat. Masters thesis, Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_ALDO_RAMDHANI_NASERD_16208026_6708_2018.pdf

Download (135kB) | Preview

Abstract

Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Sumatera Barat (BPSDM) mempunyai tugas dan tanggung jawab yang besar terhadap pengembangan kompetensi ASN di lingkungan pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Sumatera Barat. Salah satu upaya BPSDM dalam pengembangan kompetensi ASN di lingkungan pemerintah Provinsi Sumatera Barat melalui Diklat Kepemimpinan Tingkat III (diklatpim tingkat III) bagi pejabat eselon III. Namun BPSDM Provinsi Sumatera Barat belum efektif dalam penyelenggaraan diklatpim tingkat III. Penelitian ini bertujuan untuk menilai efektivitas organisasi BPSDM Provinsi Sumatera Barat dalam penyelenggaraan diklatpim tingkat III di lingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan metode penelitian campuran antara penelitian kualitatif dan kuantitatif. Untuk mengukur efektivitas organisasi dilihat dari variabel kemampuan menyesuaikan diri, produktivitas, kepuasan kerja, integrasi, dan motivasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa efektivitas organisasi BPSDM dalam penyelenggaraan diklatpim tingkat III di lingkungan pemerintah Provinsi Sumatera Barat dinilai efektif dengan skor 79,96%. Terdapat faktor penghambat efektivitas organisasi BPSDM dalam penyelenggaraan diklatpim tingkat III diantaranya pemanfaatan teknologi yang belum optimal, sarana dan prasarana yang kurang memadai, kemampuan sumber daya aparatur yang terbatas. Upaya yang dilakukan dalam mengatasi faktor penghambat tersebt melalui rakor teknis penyelenggaraan diklatpim tingkat III, mengalokasikan anggaran untuk pengembangan sumber daya aparatur dan membentuk komite penjamin mutu diklat.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan,Organisasi, Manajemen Sumber Daya Manusia
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Administrasi Negara - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 15 Jun 2022 03:28
Last Modified: 15 Jun 2022 03:28
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38198

Actions (login required)

View Item View Item