Kontribusi Persepsi Siswa tentang Jurusan dan Harapan Orangtua terhadap Perencanaan Karier Siswa SMKN 2 Kota Bukittinggi

Habibi, Ahmad Syaf Ya (2022) Kontribusi Persepsi Siswa tentang Jurusan dan Harapan Orangtua terhadap Perencanaan Karier Siswa SMKN 2 Kota Bukittinggi. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
A_01_AHMAD_SYAF_YA_HABIBI_15151053_2302_2018.pdf

Download (102kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh bervariasinya data mengenai belum matangnya perencanaan karier siswa. Persepsi siswa tentang jurusan dan harapan orangtua merupakan faktor yang diduga mempengaruhi perencanaan karier siswa. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan (1) persepsi siswa tentang jurusan, (2) harapan orangtua, (3) perencanaan karier siswa, serta menguji (4) kontribusi persepsi siswa tentang jurusan terhadap perencanaan karier siswa, (5) kontribusi harapan orangtua terhadap perencanaan karier siswa dan (6) kontribusi secara bersama-sama persepsi siswa tentang jurusan dan harapan orangtua terhadap perencanaan karier siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis deskriptif korelasional. Populasi penelitian adalah siswa kelas X SMKN 2 Kota Bukittinggi sebanyak 380 siswa, sampel sebanyak 195 siswa, yang dipilih dengan teknik proportional random sampling. Instrumen yang digunakan adalah instrumen persepsi siswa tentang jurusan, harapan orangtua dan perencanaan karier siswa. Instrumen ini menggunakan skala Likert. Data penelitian dianalisis dengan regresi sederhana dan regresi ganda. Temuan penelitian memperlihatkan bahwa (1) secara rata-rata gambaran persepsi siswa tentang jurusan berada pada kategori positif, (2) harapan orangtua berada pada kategori positif, (3) perencanaan karier siswa berada pada kategori tinggi, (4) terdapat kontribusi persepsi siswa tentang jurusan terhadap perencanaan karier siswa sebesar 33.6% (5) terdapat kontribusi harapan orangtua terhadap perencanaan karier siswa sebesar 42,7%, dan (6) terdapat kontribusi persepsi siswa tentang jurusan dan harapan orangtua secara bersama-sama terhadap perencanaan karier siswa 54,3%. Implikasi hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai analisis kebutuhan siswa untuk penyempurnaan pembuatan program pelayanan bimbingan dan konseling di SMKN 2 Kota Bukittinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Harapan Orangtua, Perencanaan Karier
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S2
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 15 Jun 2022 03:28
Last Modified: 15 Jun 2022 03:28
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38197

Actions (login required)

View Item View Item