Evaluasi Geometeri Jalan Tambang dari Front Coal Geting ke Stock Room pada Pit 3 PT. Jambi Prima Coal di Kecamatan Mandiangin, Kabupaten Sarolangun Provinsi Jambi.

Aprila, Wuni (2022) Evaluasi Geometeri Jalan Tambang dari Front Coal Geting ke Stock Room pada Pit 3 PT. Jambi Prima Coal di Kecamatan Mandiangin, Kabupaten Sarolangun Provinsi Jambi. Skripsi thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
A_12_WUNI_APRILA_17080063_3471_2021.pdf

Download (622kB) | Preview

Abstract

Dalam operasi penambangan di PT. Jambi Prima Coal, digunakan metoda penambangan terbuka dengan kombinasi alat gali muat dan alat angkut. Pada umumnya untuk menunjang suatu kelancaran penambangan apalagi dalam kegiatan pengangkutan maka yang perlu hams diperhatikan adalah jalan tambang (mine road). Fungsi utama jalan tambang secara umum adalah untuk memmjang kelancaran operasi penambangan terutama dalam kegiatan pengangkutan. Medan berat yang mungkin terdapat disepanjang rute jalan hams diatasi dengan mengubah rancangan jalan untuk meningkatkan aspek manfaat dan keselamatan kerja. Berdasarkan hasil pengamatan yang ditemui penulis di lapangan, masih ada beberapa segmen jalan tambang di PT. Jambi Prima Coal pada pit 3 dari Front Coal Geting memtju Stock Room yang tidak memenuhi standar geometri jalan tambang menurut teori, seperti kurangnya lebar jalan, dimana didapat standar lebar jalan lurus yaitu 8,4 m sedangkan rentang jalan aktual yang didapat berkisar 5,60 m sampai 53,80 m, tidak adanya nilai beda tinggi cross slope pada jalan angkut, dimana beda tinggi yang sesuai standar didapat 8,4 cm sedangkan keadaan aktualnya beda tinggi didapatkan masi bernilai O sampai 2 cm dan terlalu tingginya kemiringan jalan, dimana standar sesuai teori 8% kemiringan jalan, namun keadaan aktual didapat masi berkisar dari 0% sampai 12,68% Setelah dilakukan analisis, masalah yang ada dapat diselesaikan dengan cara melakukan penambahan lebar jalan pada segmen yang belum memiliki lebar jalan sebesar 8,4 m pada kondisi lurus dan 14 m pada kondisi tikungan , membuat beda tinggir Cross slope sebesar 8,4 cm

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Geometri jalan, Tambang, Pertambangan, Evaluasi Geometeri
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pertambangan - D3
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 15 Jun 2022 03:28
Last Modified: 15 Jun 2022 03:28
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38196

Actions (login required)

View Item View Item