Gambaran Minat Siswa terhadap Ekstrakurikuler Pencak Silat di MTSN 2 Solok

Kurnia, Bambang Depi (2021) Gambaran Minat Siswa terhadap Ekstrakurikuler Pencak Silat di MTSN 2 Solok. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_BAMBANG_DEPI_KURNIA_15087003_2030_2021.pdf

Download (192kB) | Preview

Abstract

Salah satu jenis dari minat adalah minat individual, minat ini berkembang dari waktu ke waktu dan merupakan kecenderungan yang relatif abadi untuk hadir pada objek, peristiwa, ide, dll. Ini terkait dengan perasaan positif, peningkatan nilai, dan pengetahuan. Minat individu memberi energi dan memotivasi pikiran dan tindakan mereka dengan cara yang sangat diarahkan pada tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran minat siswa terhadap ekstrakurikuler Pencak Silat di MTSN 2 Solok. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis Deskriptif. Sampel penelitian adalah 165 orang siswa MTSN 2 Solok kelas 8 yang diambil secara acak pada tiap-tiap kelas mulai dari 8 A sampai 8 I. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Teknik analisis data menggunakan analisis data PAP (Penilaian Acuan Patokan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa gambaran minat siswa terhadap ekstrakurikuler Pencak Silat di MTSN 2 Solok adalah sebanyak 6 orang siswa (3,64%) memiliki minat dengan kategori sangat rendah, sebanyak 42 orang siswa (25,5%) dengan kategori rendah, sebanyak 74 orang siswa (44,8%) dengan kategori sedang, sebanyak 34 orang siswa (20,6%) dengan kategori tinggi, dan sebanyak 9 orang siswa (5,45%) dengan kategori sangat tinggi. Berdasarkan keterangan tabel diatas dapat disimpulkan bahwa sebagian besar minat individual siswa terhadap ekstrakurikuler pencak silat ada di kategori sedang

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: EKSTRAKIRIKULER PENCAK SILAT
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine and Food > Sport General
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 15 Jun 2022 03:27
Last Modified: 15 Jun 2022 03:27
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38187

Actions (login required)

View Item View Item